Liga Indonesia

Liga 1 Musim Ini Berakhir bagi Gelandang PSS Sleman Dave Mustaine, Ini Penyebabnya

Selasa, 10 Januari 2023 12:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Ronal Prabowo Seger/INDOSPORT
Gelandang PSS Sleman, Dave Mustaine (kanan) tak bisa melanjutkan kiprah di Liga 1 2022/2023 akibat cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Copyright: © Ronal Prabowo Seger/INDOSPORT
Gelandang PSS Sleman, Dave Mustaine (kanan) tak bisa melanjutkan kiprah di Liga 1 2022/2023 akibat cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).

FOOTBALL265.COM - Gelandang PSS Sleman, Dave Mustaine, tak bisa melanjutkan kiprah di Liga 1 2022/2023. Operasi akibat cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) memaksa Dave menepi enam bulan.

Dave Mustaine sejatinya merupakan pemain andalan PSS pada musim ini. Sebelum Tragedi Kanjuruhan, Dave memainkan sembilan dari sebelas laga yang dijalani tim Elang Jawa.

Dalam sembilan laga itu, kontribusi Dave juga cukup bagus. Dia mencatatkan satu gol berkelas saat membawa PSS mengimbangi Rans Nusantara FC 3-3 di Bogor.

Namun begitu, setelah laga melawan Persita Tangerang pada 29 September 2022, Dave tak muncul lagi dalam daftar susunan pemain. Dave mengalami cedera yang membuatnya harus menepi.

Awalnya, banyak yang berpikir Dave bisa kembali setelah Liga 1 terhenti dua bulan. Namun ternyata, cerita lain dalam karir profesional harus dilalui gelandang asal Sidoarjo ini.

Liga 1 2022/2023 dipastikan sudah berakhir untuk Dave Mustaine. Ia baru saja menjalani operasi untuk rekonstruksi lutut bagian kanan di Tangerang pada 16 Desember 2022 lalu.

Dokter tim PSS Sleman, dr. Ferras Ardiles Muhammad menjelaskan proses menuju keputusan untuk dilakukan operasi. 

"Dave mengalami benturan dengan posisi yang mengakibatkan terjadinya cedera pada lutut kanannya," kata dr. Ferras Ardiles, Selasa (10/1/23).

Cedera itu kemudian disikapi tim medis PSS Sleman dengan pengecekan menggunakan Magnetic resonance imaging (MRI). Hasilnya, ditemukan masalah pada lutut, tepatnya pada bagian ligamen.

"Pada pemeriksaan awal kami temukan tanda-tanda robekan pada ACL. Setelah bengkak mulai berkurang, dilakukan MRI dengan hasil robek grade 2," tutur dr. Ferras Ardiles.