Liga Inggris

Profil Kobbie Mainoo, Wonderkid Terbaru Manchester United yang Bakal jadi Pogba-nya Ten Hag

Rabu, 11 Januari 2023 16:35 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Instagram: kobbiemainoo
Kobbie Mainoo menggemparkan dunia setelah dirinya masuk dalam starting XI laga Carabao Cup antara Manchester United vs Charlton Athletic pada Rabu (11/01/23). Copyright: © Instagram: kobbiemainoo
Kobbie Mainoo menggemparkan dunia setelah dirinya masuk dalam starting XI laga Carabao Cup antara Manchester United vs Charlton Athletic pada Rabu (11/01/23).

FOOTBALL265.COM - Kobbie Mainoo menggemparkan dunia setelah dirinya masuk dalam starting XI laga Carabao Cup antara Manchester United vs Charlton Athletic pada Rabu (11/01/23).

Pertandingan tersebut adalah debut profesional sang gelandang muda yang diketahui baru berusia 17 tahun.

Mainoo dipercaya menjadi gelandang serang untuk menyokong Anthony Elanga yang mengisi pos ujung tombak. Sementara itu Anthony Santos dan Alejandro Garnacho mengapit sang remaja sebagai sayap.

Hasilnya cukup lumayan. Tampil selama satu jam, Mainoo membantu United menang telak 3-0 atas tamunya di Old Trafford.

Catatan dari WhoScored menunjukkan jika Mainoo membuat 35 sentuhan selama berada di lapangan. Akurasi umpannya sangat baik di atas 85% dan ia juga sekali melepas operan kunci yang berbuah peluang.

Meski Charlton hanya kesebelasan dari divisi tiga, namun statistik sang wonderkid tetap patut diapresiasi mengingat debut di hadapan 70.000 lebih pasang mata yang memadati Old Trafford jelas tidak mudah.

Tekanan dari fans Manchester United sendiri juga cukup besar meski kompetisi yang dimainkan hanya Carabao Cup. Kelolosan ke semifinal adalah sebuah keharusan mengingat Setan Merah kali terakhir mengangkat trofi pada 2017 silam.

Maka dari itu Kobbie Mainoo layak diberi sanjungan. Erik ten Hag selaku manajer tim pun percaya jika anak asuhnya tersebut punya kans berkembang menjadi bintang.

17 tahun bukan usia yang terlalu dini untuk melakoni partai profesional pertama. Lagipula salah satu filosofi United sejak lama adalah menjadi klub besar dengan pemain muda didikan sendiri.

"(Mainoo) pantas untuk dimainkan dan saya dengan senang hati memberikan kesempatan itu. Siap tidak siap ia harus merasa siap. Kami semua juga demikian," beber Ten Hag jelang laga Manchester United vs Charlton Athletic di Carabao Cup.