Liga Indonesia

Blak-blakan! Hamka Hamzah Bongkar Bukti PSSI 'Akali' Jumlah Klub yang Tolak Liga 2 Lanjut

Jumat, 13 Januari 2023 12:15 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sejumlah pihak dan klub pun menuntut transparansi sesungguhnya dari PSSI terhadap publik perihal klub-klub yang menolak Liga 2 dilanjutkan kembali. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sejumlah pihak dan klub pun menuntut transparansi sesungguhnya dari PSSI terhadap publik perihal klub-klub yang menolak Liga 2 dilanjutkan kembali.

FOOTBALL265.COM - Versi PSSI, ada 20 klub Liga 2 2022/2023 yang setuju liga dihentikan. Sejumlah pihak seperti Hamka Hamzah dan klub pun menuntut transparansi sesungguhnya dari PSSI terhadap publik.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi memutuskan dalam rapat eksekutif, bahwa Liga 2 musim ini dibubarkan. Dengan demikian, Liga 1 Indonesia bergulir tanpa adanya sistem degradasi.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI setelah menimbang dari sejumlah faktor. Satu di antaranya yakni terdapat sejumlah klub Liga 2 yang menginginkan kompetisi dihentikan, Kamis (12/01/23).

Mereka menilai pelaksanaan kompetisi antarklub dan operator serta pelaksanaan Liga 2 sulit dirampungkan sebelum gelaran Piala Dunia 2023 yang dimulai pada (20/05/23).

Eks penggawa Timnas Indonesia, Hamka Hamzah melalui akun Instagram pribadinya paling lantang menentang keputusan kontroversial PSSI tersebut.

Dalam postingan terbarunya, ia mengungkapkan tangkapan layar bahwa ada sedikitnya 15 klub yang menyetujui Liga 2 untuk dilanjutkan mulai dari Persiba sampai Persipal Palu.

Sementara klaim dari PSSI, ada 20 (dari total 28) klub menolak Liga 2 dilanjutkan. Itu artinya hanya ada 8 klub yang menyatakan lanjut menurut versi PSSI.

Selain itu, postingan Hamka Hamzah juga mengindikasikan ada pencatutan nama klub secara sembarangan alias sepihak dalam penentuan lanjut atau tidaknya Liga 2 musim ini. 

"Ada yang bisa Jawab Soal Matematika Ga ya. Mari Sama2 Kita Tunggu Kelanjutan DRAMANYA SEPERTI APA" tulis Hamka Hamzah dalam captionnya.

Manajer Persipura Jayapura, Yan Permenas Mandenas, juga mempertanyakan soal dasar dari 20 klub yang menyetujui Liga 2 dihentikan dari mana saja. Sehingga hal tersebut harus dijelaskan secara detail kepada publik.