Liga Indonesia

Jadi Raja Penalti Liga 1, Persik Kediri Tepis Anggapan Dapat Giveaway

Kamis, 26 Januari 2023 15:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
© Persik Kediri.
Pelatih Persik Kediri, Divaldo Alves. Sering mendapat hadiah penalti dan raih kemenangan di Liga 1, pelatih Persik sebut anak asuhnya tampil dengan kerja keras. Copyright: © Persik Kediri.
Pelatih Persik Kediri, Divaldo Alves. Sering mendapat hadiah penalti dan raih kemenangan di Liga 1, pelatih Persik sebut anak asuhnya tampil dengan kerja keras.

FOOTBALL265.COM - Persik Kediri mulai berada pada tren positif seusai mengalahkan Madura United dalam lanjutan pekan ke-20 Liga 1 dengan skor 2-0 di Stadion Brawijaya, Selasa (24/01/23) lalu.

Kemenangan itu menjadi yang kedua beruntun setelah mengandaskan tuan rumah Bhayangkara FC 3-2 Kamis (19/01/23) lalu.

Namun jika ditelisik, sepasang kemenangan itu tak akan lepas dari gol penalti. Ya, Persik mendapatkannya secara beruntun.

Saat mengalahkan Madura United, Renan Silva mencetak gol pada menit 45. Renan pula yang membobol gawang Bhayangkara pada menit 14.

Dua kali penalti ke gawang Bhayangkara FC dan Madura United lantas menjadikan Persik sebagai raja penalti di Liga 1 musim ini.

Tim berjulukan Macan Putih itu secara total mendapatkan 7 kali hadiah penalti. Statistik ini sama yang diperoleh PSM Makassar.

Bedanya, PSM menuntaskan hadiah penalti dengan sempurna. Sedangkan Persik sukses 5 kali dengan 2 diantaranya gagal berujung gol.

Kendati demikian, Divaldo Alves enggan jika anak asuhnya disebut mendapat giveaway dari wasit perihal 7 kali penalti.

"Bukan (karena giveaway). Penalti adalah hasil dari kerja keras kami, bukan karena hal lain," ucap Pelatih Persik Kediri itu dalam post-match press conference.

"Ketika ada pemain (berlari membawa bola) dengan cepat, maka ada kemungkinan (pelanggaran) penalti dalam situasi itu," ulas Divaldo.