Liga Indonesia

Ikat Bekas Staf Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Ini Target PSIS Semarang

Jumat, 3 Februari 2023 13:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© PSIS Semarang
Pertandingan antara PSIS Semarang vs Persija Jakarta di BRI Liga 1. Copyright: © PSIS Semarang
Pertandingan antara PSIS Semarang vs Persija Jakarta di BRI Liga 1.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga 1, PSIS Semarang resmi mengikat bekas staf Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Alex Aldha Yudi. Pria asal Padang itu ditunjuk sebagai pelatih fisik menggantikan Afif Prasetiawan.

Afif Prasetiawan dan PSIS resmi mengakhiri kerja sama yang telah dijalin di Liga 1. Kerja sama ini diakhiri setelah PSIS melakukan sejumlah evaluasi.

Tak butuh waktu lama bagi PSIS untuk menemukan sosok pengganti Afif. Alex Aldha Yudi sudah diperkenalkan sebagai bagian dari tim kepelatihan PSIS.

Meski namanya masih terdengar asing, Alex sejatinya pernah jadi bagian dari Timnas Indonesia. PSIS menyebut Alex pernah membantu Shin Tae-yong dari 2020-2021 sebagai staf bagian fisik.

Sebelum menjadi bagian dari staf kepelatihan Shin Tae-yong, Alex lebih dahulu dipercaya sebagai asisten pelatih Timnas Putri pada tahun 2018.

Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, memberi target tinggi pada Alex. Ia ingin level kebugaran Septian David Maulana dkk. bisa semakin meningkat untuk mengarungi Liga 1 2022/2023.

Selain berkarir sebagai pelatih fisik, Alex ternyata juga seorang dosen. Pria berlisensi A AFC ini berprofesi sebagai dosen di Universitas Negeri Padang (UNP).

"Dengan pengalamannya di level Timnas baik saat menjadi asisten Shin Tae-yong atau pun saat menjadi asisten pelatih Timnas Putri diharapkan mampu meningkatkan level fisik pemain PSIS saat ini," kata Yoyok Sukawi.

Setelah resmi diperkenalkan jadi bagian dari staf kepelatihan PSIS, Alex akan mulai bertugas menangani kebugaran skuat Mahesa Jenar.

Sementara, Yoyok Sukawi turut mengucapkan terima kasih atas keputusan Afif Prasetiawan pernah jadi bagian dari tim kepelatihan PSIS.