Bursa Transfer

Bursa Transfer: Tolak Kontrak Baru, Kiper Top Liga Inggris Blak-blakan Goda Man United dan Chelsea

Sabtu, 11 Februari 2023 05:05 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/David Klein
Penjaga gawang asal Spanyol, David Raya, sepertinya sadar jika ia berada dalam rada dua raksasa Liga Inggris yakni Manchester United dan Chelsea. Foto: REUTERS/David Klein. Copyright: © REUTERS/David Klein
Penjaga gawang asal Spanyol, David Raya, sepertinya sadar jika ia berada dalam rada dua raksasa Liga Inggris yakni Manchester United dan Chelsea. Foto: REUTERS/David Klein.

FOOTBALL265.COM - Penjaga gawang asal Spanyol, David Raya, sepertinya sadar jika ia berada dalam rada dua raksasa Liga Inggris yakni Manchester United dan Chelsea.

Hal itu ditunjukkan dengan keengganannya untuk meneken kontrak baru bersama Brentford demi memperbanyak opsi ketika bursa transfer tiba nantinya.

Meski baru dua musim merumput di kasta teratas Liga Inggris, namun Raya dengan cepat bisa masuk dalam jajaran kiper elit.

Ia adalah salah satu kunci kenapa Brentford menjadi kesebelasan kuda hitam walau tidak memiliki bujet besar dan belum lama ini menjalani kanpanye promosi dari Championship pada 2021/2022 lalu.

Menurut data dari FBref, David Raya masuk dalam lima besar penampil terbaik dalam posisinya menyaingi nama-nama top macam David de Gea, Aaron Ramsdale, Nick Pope, Ederson Moraes, Alisson Becker, hingga Kepa Arrizabalaga.

Eks Blackburn Rovers tersebut adalah kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Liga Inggris 2022/2023 dengan 91 saves dalam 21 penampilan. Meski gawangnya mendapat ancaman 117 percobaan tepat sasaran namun delapan nirbobol masih bisa ia kumpulkan.

Hasilnya Brentford kini berada di posisi ketujuh klasemen sementara dan masing punya kemungkinan besar dapat finis di zona kompetisi Eropa.

Wajar apabila The Bees kemudian ingin memperpanjang masa bakti Raya yang tinggal tersisa hingga Juni 2024. Sayangnya godaan dari klub-klub yang lebih mapan membuat pemilik dua caps timnas Spanyol senior itu membuat negosiasi mandek.

Sempat dikabarkan hendak bergabung dengan Tottenham Hotspur pada bursa transfer musim dingin 2023 lalu, isu yang mengaitkanya dengan Chelsea dan Manchester United kembali menyeruak.

Di usia 27 tahun, sepertinya Raya ingin menjajal tantangan baru sehingga berani menolak proposal dari Brentford dua kali meski ia mengaku bahagia di Community Stadium.