Bola Internasional

Panggil 80 Persen Pemain Baru ke Timnas Indonesia U-22, Begini Respons Indra Sjafri

Kamis, 2 Maret 2023 15:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Indra Sjafri pelatih Timnas Indonesia untuk Sea Game 2023. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Indra Sjafri pelatih Timnas Indonesia untuk Sea Game 2023.

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-22 mulai menjalani latihan sejak Rabu (01/03/23) di Lapangan A Senayan, Jakarta untuk persiapan menuju SEA Games 2023. Hampir semua pemain yang dipanggil adalah debutan.

Pada latihan perdana kemarin, baru 28 pemain yang bergabung dari 34 nama yang dipanggil. Masih ada enam pemain yang belum bergabung.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri mengatakan hanya memberikan latihan ringan di hari pertama. Itu untuk melihat kondisi pemain karena yang dipanggil rata-rata berasal dari Liga 2 dan Liga 3 yang sedang tidak berkompetisi.

"Hari ini kami memulai latihan perdana persiapan tim nasional SEA Games yang akan berlangsung di Kamboja di bulan Mei dan Alhamdulillah hari ini 28 pemain hadir. Kami melihat kondisi pemain cukup bagus dan memberikan latihan ringan terlebih dahulu hari ini," kata Indra Sjafri.

"Sisa pemain yang belum bergabung rencananya hari ini akan hadir semua. Saya ucapkan terima kasih kepada klub-klub, baik dari Liga 1 dan Liga 2 yang telah mengirimkan pemainnya untuk TC kali ini. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan rencana," tambahnya.

Indra Sjafri menjelaskan, pemusatan latihan kali ini akan dibagi dua tahap. Tahap pertama digelar pada 1-8 Maret, sedangkan tahap dua dijadwalkan pada 9-16 Maret.

Para pemain akan diseleksi selama masa pemusatan latihan. Indra Sjafri berharap Hamsa Lestaluhu dan kolega keluarkan kemampuan terbaik selama latihan, meski banyak yang baru pertama kali dipanggil ke Timnas.

"Ini baru hari pertama, saya surprise karena hampir 80 persen mereka baru pertama kali dipanggil tim nasional dan mereka tentu kita berikan kesempatan untuk bisa menunjukkan kualitasnya untuk kita jadikan bagian dari tim nasional SEA Games nanti," tutur Indra.

Indra mengatakan dirinya bakal menerapkan sistem promosi dan degradasi dalam TC ini. Karena itu, mayoritas pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan merupakan muka-muka baru.