Liga Indonesia

Kontroversi Kuota Pemain Asing dan Naturalisasi, Luis Milla Buka Suara

Jumat, 10 Maret 2023 09:52 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/Indosport
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara soal rencana PSSI yang menerapkan sistem baru kuota pemain asing dan pembatasan pemain naturalasisasi. Copyright: © Arif Rahman/Indosport
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara soal rencana PSSI yang menerapkan sistem baru kuota pemain asing dan pembatasan pemain naturalasisasi.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, belum bisa memberikan komentar panjang lebar mengenai rencana perubahan regulasi, terutama mengenai pemain pada kompetisi Liga 1 musim 2023-2023.

Sebagai informasi, sarasehan sepak bola nasional di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (04/03/23) yang dihadiri ketua umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dan perwakilan tim peserta Liga 1 serta Liga 2 menghasilkan beberapa perubahan yang disepakati untuk kompetisi musim depan.

Beberapa perubahan yang disepakati dari sarasehan sepak bola nasional tersebut, di antaranya berkaitan dengan format kompetisi Liga 1 dan regulasi pemain naturalisasi serta asing di musim 2023-2024.

Pada musim 2023-2024, tim peserta kompetisi Liga 1 rencananya hanya bisa menggunakan dua pemain naturalisasi. Selain itu, ada penambahan jumlah pemain asing, yakni menggunakan kuota 5+1 atau empat pemain asing (bebas), satu Asia/satu slot untuk Asia Tenggara.

Penambahan jumlah pemain asing tersebut, diharapkan bisa meningkatkan kualitas kompetisi. Meski bisa merekrut 5+1 pemain asing, nantinya setiap klub hanya bisa mendaftarkan 4+1 pemain asing saja untuk melakoni pertandingan di Liga 1.

Menurut Luis Milla, pihaknya belum bisa memberikan banyak komentar terkait perubahan yang akan digunakan pada kompetisi Liga 1 musim depan. Pasalnya, masih sebatas rencana dan belum resmi diterapkan.

Namun, terkait rencana penambahan jumlah pemain asing, Luis Milla menilai jika regulasi tersebut diterapkan maka diharapkan bakal meningkatkan level kompetisi sepak bola di Indonesia.

"Informasi ini masih belum resmi. Saya sebenarnya tidak ingin banyak berbicara mengenai kabar yang belum resmi. Tapi menurut saya, ini bisa meningkatkan level liga jika menambah satu pemain asing," kata Luis Milla.

Sedangkan untuk pembatasan jumlah pemain naturalisasi, Luis Milla mengaku tidak setuju. Pasalnya, mereka sudah menjadi warga negara Indonesia dan statusnya sama seperti pemain lokal.

"Tapi saya tidak setuju soal pembatasan pemain naturalisasi, situasi saat ini negara tidak bisa membatasi pemain naturalisasi, saya tidak mengerti kenapa ada pembatasan pemain naturalisasi karena sebagai contohnya Victor (Igbonefo)," ucapnya.