Bola Internasional

Indonesia Ajukan Syarat Agar Israel Bisa Tampil di Piala Dunia U-20, FIFA Menolak!

Senin, 27 Maret 2023 19:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Indonesia sudah mengajukan syarat kepada FIFA agar Israel bisa tetap ikut Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, tetapi FIFA dikabarkan menolak. Copyright: © Getty Images
Indonesia sudah mengajukan syarat kepada FIFA agar Israel bisa tetap ikut Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, tetapi FIFA dikabarkan menolak.

FOOTBALL265.COM - Indonesia sudah mengajukan syarat kepada FIFA agar Israel bisa tetap ikut Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Namun FIFA dikatakan menolak syarat yang diajukan oleh Indonesia.

Kabar pemberian syarat terhadap Israel sendiri diutarakan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Muhadjir Effendy.

Gelombang penolakan terhadap keikutsertaan Israel di ajang Piala Dunia U-20 memang terus berdatangan. Bahkan karena adanya penolakan ini acara drawing Piala Dunia U-20 pun terpaksa dibatalkan.

Drawing Piala Dunia U-20 2023 sejatinya dijadwalkan berlangsung pada 31 Maret di Bali. Namun karena derasnya gelombang penolakan keikutsertaan Israel membuat kegiatan drawing pun urung dilakukan.

Plt Menpora Muhadjir sendiri sejatinya sangat menyayangkan adanya gelombang penolakan terhadap Israel. Indonesia sendiri sejatinya sudah memberikan opsi syarat tetapi syarat tersebut ditolak oleh FIFA.

"Tentu sangat menyayangkan, kondisi atau syarat-syarat yang kita ajukan ke FIFA kelihatannya tidak mendapatkan kesepakatan," ucap Muhadjir. 

Saat disinggung mengenai syarat yang diajukan, Muhadjir enggan menjabarkan. Namun memang itu semua tidak disetujui oleh FIFA.

"(soal syarat) Adalah, tapi kan enggak perlu disampaikan pada teman-teman. Pokoknya yang kita pegang itu bahwa ini masalah bukan kebijakan tapi soal kepatuhan terhadap konstitusi," jelas Muhadjir. 

"Dalam konstitusi kita di preambule alinea pertama bahwa sesungguhnya kemerdekaan hak segala bangsa, itu yang menjadi faktor yang kita pegang," beber Muhadjir.

"Karena itu ketika ada negara yang timnya kita indikasikan kategori itu, harus ada syarat khusus dan itu yg kita ajukan ke FIFA. kelihatannya tidak ada titik temu," kata Muhadjir.