Liga Indonesia

Polemik Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia Batal TC di Korea Selatan?

Selasa, 28 Maret 2023 16:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/Indosport
Shin Tae-yong di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Shin Tae-yong di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

FOOTBALL265.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan akan terus melakukan persiapan meski ada rumor Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Tanah Air. Dia belum mendapat informasi resmi dari FIFA.

Diketahui, FIFA telah membatalkan drawing fase grup Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya berlangsung di Bali pada Jumat (31/3/23).

Pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 disinyalir menyusul ramainya penolakan Israel bertanding di turnamen pada 20 Mei-11 Juni mendatang.

Situasi itu memunculkan desas-desus, terutama soal Piala Dunia U-20 di Indonesia akan dibatalkan, lalu dipindahkan ke Peru. Ada juga Qatar dan Argentina yang siap kapan saja menggantikan jadi tuan rumah.

Untuk membahas situasi ini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dilaporkan langsung terbang ke Swiss guna melobi FIFA di markas besarnya.

Dikarenakan belum ada keputusan akhir soal lanjutan Piala Dunia U-20 2023, Shin Tae-yong tetap memimpin latihan. Saat ini, ada 29 pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan di Jakarta. 

"Kami tetap mempersiapkan karena belum ada laporan bahwa Piala Dunia U-20 2023 dibatalkan," kata juru taktik berusia 52 tahun tersebut.

Namun, Shin Tae-yong tidak menjamin pemusatan latihan di Korea Selatan yang dijadwalkan berlangsung 2-20 April terlaksana. Belum ada instruksi dari PSSI soal TC di sana.

"Belum tentu juga berangkat ke Korea Selatan apa tidak. Belum ada keputusan untuk berangkat ke sana," jelas Shin Tae-yong.