Bola Internasional

FIFA Resmi Coret Peru dari Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Indonesia Minat Gantikan?

Selasa, 4 April 2023 00:17 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Jean Bizimana
Presiden FIFA, Gianni Infantino saat memberikan sambutan di kongres tahunan FIFA. Copyright: © REUTERS/Jean Bizimana
Presiden FIFA, Gianni Infantino saat memberikan sambutan di kongres tahunan FIFA.

FOOTBALL265.COM - FIFA baru saja resmi mengumumkan telah mencoret Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 karena kurang infrastruktur kurang siap.

Kabar mengejutkan kembali datang dari markas FIFA, setelah bikin heboh karena mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 jelang turnamen bergulir, kini pencoretan tuan rumah kembali terjadi.

Kali ini otoritas tertinggi sepak bola dunia itu mencabut status tuan rumah untuk Piala Dunia U-17 2023 dari Peru. Sebelumnya Peru ditunjuk menjadi tuan rumah beberapa waktu lalu.

Turnamen yang harusnya digelar pada 2021 sempat ditunda karena pandemi Covid-19 saat itu dan dimundur ke tahun 2023 ini seperti Piala Dunia U-20 2023.

Dalam keterangan resminya, FIFA mengungkapkan alasannya mencabut status tuan rumah dari Peru yaitu soal kesiapan infrastruktur.

Meski akan ada pergantian tuan rumah, Piala Dunia U-17 2023 dipastikan tetap berlangsung sesuai jadwal awal, yakni pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

"FIFA dengan menyesal harus mencabut hak tuan rumah Peru untuk Piala Dunia U-17 2023 setelah berdiskusi antara FIFA dengan pihak federasi sepak bola Peru (PFP)," bungi keterangan FIFA.

“Langkah itu dilakukan mengingat ketidakmampuan negara tuan rumah memenuhi komitmennya untuk melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan," tambah FIFA.

FIFA belum mengumumkan negara yang akan menggantikan Peru. Mengingat jadwal ajang tersebut yang akan dihelat beberapa bulan lagi.

Namun Indonesia bisa saja kembali melobi FIFA untuk mencalonkan diri jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 sebagai pelipur lara atas kegagalan menggelar Piala Dunia U-20 2023 lalu.