Liga Indonesia

Alasan Batalnya Naturalisasi Justin Hubner, PSSI Pilih Bungkam

Selasa, 18 April 2023 10:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Calon pemain naturalisasi, Justin Hubner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki. Copyright: © PSSI
Calon pemain naturalisasi, Justin Hubner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki.

FOOTBALL265.COM - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan federasi memutuskan tidak melanjutkan naturalisasi terhadap Justin Hubner. Itu setelah ada persyaratan yang diajukan sang pemain.

Sebelumnya, PSSI memutuskan menaturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Ketiganya direkomendasikan pelatih Shin Tae-yong. 

Namun, karena FIFA mencabut status tuan rumah dari Indonesia, maka skuad Garuda Nusantara otomatis batal berlaga di ajang tersebut.

Situasi itu membuat PSSI ingin memastikan apakah ketiga pemain di atas mau tetap berkomitmen bersama Timnas Indonesia. 

Arya Sinulingga menyampaikan hanya dua pemain keturunan yang tetap mau melanjutkan proses naturalisasi. Sedangkan satu pemain lainnya disebut Arya sedang melakukan negosiasi dengan PSSI.

Pemain yang melakukan negoisasi adalah Justin Hubner. Rumornya, dia meminta bayaran sebesar 1 juta euro atau setara dengan Rp16 miliar untuk melanjutkan naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Jadi kita (sudah) tahu bahwa pemain timnas (yang) dipanggil membela merah putih, dari pemain naturalisasi yang kemaren kita proses, ada dua yang sudah siap bergabung dengan kita dan siap diproses lebih lanjut. Sehingga wajar kita agak terhambat di Kemensetneg karena ada satu yang masih negosiasi," ujar Arya.

"Jadi kita tidak melanjutkan untuk melakukan naturalisasi terhadap Justin Hubner karena ada permintaan pihak Justin yang tidak bisa kita penuhi," lanjutnya.