In-depth

3 Bek Paling ‘Gila’ di Liga 1 2022/23, Ada yang Jadi Top Skor Klub

Rabu, 19 April 2023 00:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Fox Sports
Renan da Silva Alves, bek yang sempat membela Borneo FC di Liga 1 2018. Copyright: © Fox Sports
Renan da Silva Alves, bek yang sempat membela Borneo FC di Liga 1 2018.

FOOTBALL265.COM - PSM Makassar sudah mengukuhkan diri jadi juara Liga 1 2022/23. Kesuksesan itu tak lepas dari peran bek asing, Yuran Fernandes. 

Selama musim ini, Yuran selalu jadi pilihan utama pelatih Bernardo Tavares. Musim debutnya pun ditutup dengan mengangkat trofi Liga 1 2022.

Akan tetapi, bukan hanya Yuran Fernandes yang mampu jadi bek tangguh musim ini. Ada dua pemain lain yang juga tampil ‘gila’ dengan catatan apik.

Dua pemain lainnya berasal dari Persija Jakarta dan Barito Putera. Satu diantaranya adalah pemain lokal, yang menjalani musim ini dengan apik hingga akhirnya dipanggil ke Timnas Indonesia.

Siapa saja pemain belakang yang tampil menggila bersama klub Liga 1 2022? Berikut pembahasan INDOSPORT.

Renan Alves

Pemain asal Brasil ini adalah bek andalan Barito Putera sejak 2021 dengan catatan 61 penampilan. Renan tampil tajam untuk ukuran pemain belakang dengan catatan 13 gol.

Khusus musim ini, 30 pemain itu merupakan salah satu topskor Barito Putera dengan raihan tujuh gol. Dia hanya tertinggal satu gol dari Gustavo Tocantis yang lesakan delapan gol. 

Renan Alves bahkan tak jarang dijadikan striker saat tim Laskar Antasari dalam keadaan tertinggal. Sebagian besar gol eks Borneo FC berasal dari sundulan.

Renan punya keunggulan fisik yang tegap dengan perawakan tinggi sekitar 1,91 cm. Itu membuatnya sangat tangguh ketika berduel dengan striker lawan ketika bertahan dan juga bek lawan saat maju menyerang saat corner kick.

Berdasarkan catatan Lapangbola, total save Renan Alves selama bela Barito Putera adalah enam kali dengan rata-rata intercept 5.04 per pertandingan dan tackel sekitar 1.67 per laga.