In-depth

Jatuh-Bangun Henhen Herdiana di Persib Bandung, Layak Bertahan atau Dibuang?

Sabtu, 22 April 2023 09:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Henhen Herdiana, santer dikabarkan akan meninggalkan skuad Maung Bandung setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2022-2023. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Henhen Herdiana, santer dikabarkan akan meninggalkan skuad Maung Bandung setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2022-2023.

FOOTBALL265.COM - Bek Persib Bandung, Henhen Herdiana, santer dikabarkan akan meninggalkan skuad Maung Bandung setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2022-2023.

Selain itu, pemain jebolan Diklat Persib ini juga diisukan diincar beberapa klub peserta Liga 1, di antaranya Bali United dan Persik Kediri. Rumor-rumor tersebut muncul di media sosial, bahkan saat musim 2022-2023 masih bergulir.

Manajemen Persib, sebelumnya sudah memberikan tanggapan terkait kabar tersebut, menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, saat itu belum ada pemain yang bakal hengkang dari skuad Maung Bandung.

Sehingga, Teddy menegaskan jika kabar yang menyebutkan Henhen Herdiana bakal hengkang dari Persib tidak benar atau hoax.

"Belum. Belum ada apa-apa, hoax itu," kata Teddy Tjahjono kepada wartawan, Rabu (12/04/23).

Teddy juga memastikan, jika hingga saat ini Henhen Herdiana masih terkait kontrak dengan tim kebanggaan Bobotoh, sehingga kabar yang menyebutkan pemain yang menggunakan nomor punggung 12 itu hengkang tidak benar.

"Waduh saya lupa (durasi kontrak). Tapi masih panjang kalau gak salah sampai 2025. Ya secara kontrak masih ada," ucap Teddy.

Henhen sendiri merupakan pemain jebolan dari Diklat Persib, kemampuan di lapangan hijau membuatnya bisa menembus tim sepak bola PON Jabar saat meraih medal emas pada tahun 2016. 

Ketika itu, di tim sepak bola PON Jabar, Henhen berjuang bersama Gian Zola dan Febri Hariyadi yang juga berasal dari Diklat Persib.

Setelah itu, Henhen mendapatkan kesempatan promosi ke tim Persib Bandung untuk mengarungi Liga 1 2017, di musim pertama bermain di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, dia mendapatkan kesempatan bermain dalam 22 laga.

Saat kompetisi Liga 1 2018 dan 2019, Henhen Herdiana di dua musim tersebut tampil masing-masing 11 laga. Saat itu, persaingan di lini pertahanan Persib sangat ketat, lantaran ada pemain senior seperti Supardi Nasir.

Saat memasuki Liga 1 2020, hanya tiga pertandingan yang terlaksana, pasalnya setelah itu kompetisi dihentikan karena pandemi covid-19.