In-depth

3 Fakta Marian Mihail, Pelatih Baru PSS Sleman yang Pernah Gagal di Bali

Jumat, 28 April 2023 09:27 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Marian Mihail bukan sosok yang benar-benar baru mengenal sepak bola Indonesia, berikut tiga fakta menarik pelatih anyar klub Liga 1, PSS Sleman. Copyright: © Getty Images
Marian Mihail bukan sosok yang benar-benar baru mengenal sepak bola Indonesia, berikut tiga fakta menarik pelatih anyar klub Liga 1, PSS Sleman.

FOOTBALL265.COM - Marian Mihail bukan sosok yang benar-benar baru mengenal sepak bola Indonesia. Faktanya, pelatih anyar PSS Sleman di Liga 1 ini pernah merasakan sakitnya gagal menang di markas Bali United.

Marian Mihail baru saja diperkenalkan sebagai pelatih anyar PSS Sleman. Penunjukkan Marian Mihail cukup mengejutkan karena PSS lebih digosipkan dekat dengan Robert Rene Alberts.

Lebih mengejutkan lagi, Mihail sudah cukup lama tak memegang tim profesional, setelah menjalani masa singkat di Vietnam pada akhir 2017 hingga awal 2018.

Inilah momen pertama Mihail akan berkarier di Indonesia. Dalam perjalanan kariernya, Mihail lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkarier di Rumania serta kompetisi di negara-negara Asia Barat.

Berikut ini tiga fakta tentang Marian Mihail serta perjalanan kariernya sebagai pemain dan pelatih.

1. Punya Nama di Rumania

Marian Mihail bukan sosok sembarangan di sepak bola Rumania. Semasa menjadi pemain berposisi bek kanan, ia pernah membela Timnas Rumania pada era 80-an. Catatan itu cukup membantu Mihail untuk melanjutkan karier sebagai pelatih.

Dari catatan Transfermarkt, ia pernah membesut tim Sportul Studentesc Bucharest. Tim ini pernah dibelanya semasa bermain dari tahun 1976 hingga 1992. Ia jadi pelatih dalam tiga kesempatan, mulai tahun 1996-1997, 1998-1999 serta 2007-2008.

Mihail pun pernah menjadi bagian dari klub raksasa Rumania, Steaua Bucharest. Ia menjabat sebagai direktur teknik pada 1999-2001. 

Catatan paling moncer didapatnya ketika menjabat sebagai direktur teknik Timnas Rumania pada 2011-2014 lalu.

CV mentereng itu cukup membuktikan bahwa pelatih berlisensi UEFA Pro ini memiliki tempat tersendiri di publik sepak bola Rumania, terutama di kota Bucharest.