Liga Europa

4 Faktor AS Roma Bisa Jadi Juara Liga Europa

Kamis, 11 Mei 2023 13:32 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Alberto Lingria
Selebrasi skuad AS Roma usai cetak gol ke gawang Real Betis di Liga Europa.. Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Selebrasi skuad AS Roma usai cetak gol ke gawang Real Betis di Liga Europa..

FOOTBALL265.COM – AS Roma punya peluang cukup besar untuk menjadi juara Liga Europa di musim 2022-23 ini.

Saat ini, tim besutan Jose Mourinho itu berhasil menembus babak semifinal Liga Europa 2022-23 dan akan menghadapi wakil dari Bundesliga Jerman, Bayer Leverkusen.

Di pertandingan lainnya menampilkan laga antara Juventus vs Sevilla, di mana pada laga ini sepertinya Sevilla lebih diunggulkan mengingat kompetisi Liga Europa kerap disebut sebagai kompetisi milik klub berjuluk Los Palanganas tersebut.

Sevilla menjadi tim peraih gelar Liga Europa terbanyak di sepanjang sejarah dengan torehan enam gelar yang semuanya di dapat di era sepak bola modern atau tepatnya diraih pada pertengahan tahun 2000an.

AS Roma sendiri belum pernah menjadi juara di kompetisi kasta kedua antar Eropa ini dan rasanya I Gialorossi kini punya peluang besar untuk mendapatkan gelar pertama Liga Europa dalam sejarah mereka.

Wakil Italia di kompetisi Liga Europa juga terbilang cukup impresif untuk bisa menjadi juara.

Adalah Inter Milan dan Juventus menjadi dua wakil Italia yang sama-sama sudah mendapatkan tiga gelar Liga Europa dalam lemari koleksi trofi mereka.

Juve yang juga masih berada di kompetisi rasanya harus berjuang keras agar bisa mendapatkan trofi keempat mereka.

Pasalnya, Sevilla bukanlah lawan yang mudah untuk dihadapi, terlebih jika mereka sudah sampai semifinal dan sebutan DNA Liga Europa dalam diri mereka sepertinya bukanlah sekedar pernyataan biasa.

Buktinya, Los Palanganas mampu membekuk salah satu tim favorit juara yang musim ini sedang bangkit dari keterpurukkan, yakni Manchester United di babak perempatfinal.

Di satu sisi, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri sepertinya lebih memilih untuk fokus mempertahankan posisi runner-up di Serie A Italia hingga akhir musim ketimbang mendapatkan juara di Liga Europa.

Sementara kandidat lainnya, Bayer Leverkusen saat ini sedang membangun pondasi agar bisa menciptakan kekompakkan atau chemistry yang dibentuk oleh Xabi Alonso yang baru terjun ke dunia pelatih.

Meski menjadi juara bisa membantu Leverkusen lebih percaya diri, namun harus diakui juga kalau mental mereka belum siap menjadi juara, terlebih lawan dan pelatih yang dihadapi lebih berpengalaman.

Lalu mengapa AS Roma dirasa bisa menjadi juara Liga Europa musim ini? Berikut ulasannya: