Liga Indonesia

Rekor Buruk Timnas Indonesia vs Vietnam, Indra Sjafri: Sering Ketemu, Tidak Takut!

Jumat, 12 Mei 2023 17:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Jelang lawan Vietnam di semifinal SEA Games 2023, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri punya kenangan baik saat bertanding di Kamboja pada Piala AFF.
 (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Jelang lawan Vietnam di semifinal SEA Games 2023, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri punya kenangan baik saat bertanding di Kamboja pada Piala AFF. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Jelang lawan Vietnam di semifinal SEA Games 2023, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri punya kenangan baik saat bertanding di Kamboja pada Piala AFF U-22 2019 lalu. Hal itu diharapkan berlanjut di SEA Games 2023.

Pada 2019 lalu, Indra Sjafri pernah membawa Timnas U-22 juara Piala AFF U-22 di Kamboja. Skuad Garuda Muda menang atas Thailand di partai final dengan skor 2-1.

Hal itu memotivasi Indra Sjafri jelang semifinal SEA Games 2023 lawan Vietnam, Sabtu (13/05/23) di National Olympic Stadium. Dia akan menularkan semangat dari 2019 ke para pemain saat ini. 

Pelatih 60 tahun itu menjelaskan, Indonesia sudah berulang kali ketemu Vietnam, jadi sudah saling tahu kekuatan masing-masing tim. Indra Sjafri pernah melawan Vietnam di SEA Games 2019 lalu dan semuanya berakhir dengan kekalahan 1-2 dan 0-3. 

Namun, pada Piala AFF U-22 2019 lalu, Indra Sjafri berhasil kalahkan Vietnam di babak semifinal dengan skor 1-0. Menariknya, laga itu terjadi di Kamboja. 

“Kalau kita di biografinya ASEAN, ya pasti akan ketemu tim-tim sebelas itu. Kebetulan tahun ini ketemu lagi di semifinal SEA Games dan saya punya pengalaman di Manila, ketemu di final,” kata Indra Sjafri.

“Saya pikir yang penting, kita (harus mengingat) bagaimana Timnas Indonesia dalam sejarah sebelumnya sering berhadapan dan kami sudah membawa misi bahwa laga besok itu adalah pertandingan pertemuan kesekian saya dengan Vietnam,” katanya.

“Bukan saya tak pernah menang lawan Vietnam, waktu AFF U-22 di sini juga kita juga pernah berhadapan dengan Vietnam, Thailand juga pernah kami kalahkan. Di SEA Games Manila juga pernah kami kalahkan Thailand,” lanjut eks pelatih Bali United itu.