In-depth

Murka AC Milan Jika Gagal Lolos ke Liga Champions Musim Depan, Babat Habis 11 Pemain

Sabtu, 20 Mei 2023 14:18 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Daniele Mascolo
Selebrasi pemain AC Milan, Ismael Bennacer bersama Davide Calabria di laga leg pertama Liga Champions antara AC Milan vs Napoli pada Kamis (13/04/2023). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo) Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Selebrasi pemain AC Milan, Ismael Bennacer bersama Davide Calabria di laga leg pertama Liga Champions antara AC Milan vs Napoli pada Kamis (13/04/2023). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

FOOTBALL265.COM - AC Milan kini hanya fokus untuk finis di empat besar klasemen akhir Liga Italia demi bisa tampil di kompetisi bergengsi Eropa musim depan, jika gagal banyak pemain yang didepak.

AC Milan kini hanya fokus untuk menyelesaikan sisa pertandingan di Serie A setelah tersingkir dari sejumlah kompetisi, Liga Champions, Coppa Italia hingga Supercoppa Italia.

Tim besutan Stefani Pioli bertekad untuk memenangkan tiga pertandingan sisa Liga Italia, demi bisa finis di empat besar dan merebut tiket Eropa (Liga Champions) musim depan.

Saat ini AC Milan terlempar di posisi ke-5 klasemen Liga Italia dengan mengoleksi 61 poin dari 35 pertandingan. Mereka terpaut empat poin dari Lazio di peringkat ke-4 dengan 65 poin.

Padahal sebelum keluar dari empat besar, AC Milan sempat bertengger lama di papan atas dan menjadi favorit mempertahankan gelar.

Namun inkonsistensi permainan di awal 2023 membuat mereka harus terlempar dari perburuan gelar. Dari enam pertandingan periode Januari-Februari awal, AC Milan hanya bisa meraih satu kemenangan.

Sisanya dua kali ditahan imbang, dan tiga kali menelan kekalahan beruntun saat tunduk 0-4 vs Lazio, 2-5 vs Sassuolo, dan 0-1 vs Inter Milan di Liga Italia.

Total hingga hari ini, AC Milan hanya bisa memenangkan 7 pertandingan dari total 20 pertandingan Liga Italia di tahun 2023, dengan rincian 7 menang, 7 imbang dan 6 kali menelan kekalahan.

Performa I Rossoneri kerap naik turun di setiap pekannya, tidak lepas dari pecahnya fokus karena AC Milan tampil apik di Liga Champions.

Karena bisa menembus hingga partai semifinal, sebelum disingkirkan oleh Inter Milan dengan agregat 3-0.

Kini mereka bisa mengembalikkan fokus seutuhnya, lantaran Liga Italia musim 2022/23 tinggal menyisakan tiga pertandingan saja untuk meraup banyak poin.

Hal itu dilakukan untuk bisa kembali bermain di Liga Champions musim depan. Tetapi Peluang AC Milan untuk finis di empat besar pun terbilang sulit karena ketatnya persaingan.

Jika gagal menembus empat besar di klasemen akhir Liga Italia, bukan tidak mungkin sejumlah pemain lama bakal kena tumbalnya untuk dilepas pada bursa transfer musim panas 2023 nanti. Siapa saja yang berpotensi dipecat?