Bola Internasional

Sah! Ivar Jenner dan Justin Hubner Ambil Sumpah WNI dan Bisa Bela Timnas Indonesia

Senin, 22 Mei 2023 13:58 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ivar Jenner telah mengambil sumpah WNI pada Seni  (22/05/23) di Jakarta. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ivar Jenner telah mengambil sumpah WNI pada Seni (22/05/23) di Jakarta. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Dua pemain keturunan Indonesia di Eropa, Ivar Jenner dan Rafael Struick mengambil sumpah WNI dan sah menjadi pemain naturalisasi, Senin (22/05/23) siang.

Ivar Jenner dan Rafael Struick mengambil sumpah kewarganegaraan Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang.

Ivar Jenner dan Rafael Struick selesai menjalani sumpah WNI pukul 11.40 WIB, didampingi oleh orang tua dan keluarga.

Keduanya terpantau mengenakan setelan kemeja putih yang dibalut jas hitam formal, beserta dasi merah.

Meski sudah resmi menjadi WNI, tetapi Ivar Jenner dan Rafael Struick tidak serta merta bisa membela Timnas Indonesia. PSSI masih perlu mengajukan perpindahan federasi.

PSSI harus mengajukan perpindahan federasi ke FIFA, sebab Ivar Jenner dan Rafael Struick sebelumnya terdaftar di federasi sepak bola Belanda (KNVB).

Ivar Jenner merupakan pesepak bola keturunan Indonesia yang bermain di klub Belanda, kelahiran 10 Januari 2004. Maka, saat ini Ivar Jenner masih berusia 19 tahun.

Sementara Rafael Struick merupakan pesepak bola kelahiran 27 Maret 2003, sehingga saat ini ia berusia 20 tahun, dan bermain di klub ADO Den Haag, Belanda. 

Berbeda dengan Ivar Jenner yang bermain sebagai gelandang, Rafael William Struick justru memiliki posisi yang sangat krusial, yakni sebagai penyerang atau striker.

Dengan pengalaman Ivar Jenner dan Rafael Struick di Eropa, keduanya diharapkan bisa menjadi panutan di Timnas Indonesia, juga memotivasi pemain lokal agar berkarier di luar negeri.