In-depth

Mengenal Win Naing Tun, Top Skor AFF dan Pemain Myanmar Pertama di Liga Indonesia

Minggu, 28 Mei 2023 14:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Myanmar Football Federation
Win Naing Tun berselebrasi di timnas Myanmar. Copyright: © Myanmar Football Federation
Win Naing Tun berselebrasi di timnas Myanmar.

FOOTBALL265.COM - Borneo FC baru saja mendatangkan striker muda Myanmar, Win Naing Tun, untuk mengisi slot pemain Asia Tenggara di Liga 1 2023-2024. 

Dia merupakan pemain Myanmar pertama yang merumput di Liga Indonesia. Borneo FC mengambil keputusan untuk menebus biaya transfer dari Yangon United dan membawanya ke Stadion Segiri, Samarinda.

Presiden Borneo FC, Nabil Husein mengatakan timnya ingin menambah daya gedor di Liga 1 2023-2024. Win bisa berperan sebagai penyerang tengah maupun winger, sehingga menambah opsi bagi pelatih Pieter Huistra.

"Iya kita datangkan dia dengan skema transfer dari Yangon United. Saya ucapkan selamat bergabung buat Win Naing Tun di keluarga besar Borneo FC. Kehadirannya menambah opsi lini serang untuk musim depan," kata Nabil Husein.

Kubu Yangon United pun mengkonfirmasi bahwa striker andalannya ditawar Borneo FC. Kedua belah pihak lantas bernegosiasi, tapi nominal transfer Win Naing Tun dirahasiakan.

Yangon United mendukung penuh keputusan Win mencoba peruntungan di luar negeri. Hal itu penting dan perlu didukung untuk meningkatkan kualitas sang pemain dan juga timnas Myanmar.

"Yangon United mengumumkan jika striker Wing Nain Tung akan bergabung dengan klub Liga 1 Indonesia, Borneo FC untuk meningkatkan kariernya serta melihat tantangan baru," tulis Yangon United di akun resmi klub.

"Dengan ini, kontrak Win Naing Tun berakhir musim ini dan Yangon United mempersilakan dia bermain di Borneo FC untuk mengembangkan karier. Kami selalu mendukung perkembangan Liga dan timnas Myanmar," lanjutnya.

Meski baru pertama kali main di Liga Indonesia, Win ternyata punya rekor mentereng. Pemain berusia 23 tahun ini bergelar top skor Piala AFF U-19 2018 yang digelar di Indonesia.