Bola Internasional

Eric Abidal Semangati Timnas Indonesia U-16, Bersyukur dan Ucap Alhamdulillah

Rabu, 31 Mei 2023 07:48 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSSI menggelar acara bertajuk Future Garuda yang dihadiri salah satunya oleh Eric Abidal di BriLian Stadium, Jakarta, Selasa (30/05/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSSI menggelar acara bertajuk Future Garuda yang dihadiri salah satunya oleh Eric Abidal di BriLian Stadium, Jakarta, Selasa (30/05/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

FOOTBALL265.COM - Legenda Timnas Prancis dan juga Barcelona, Eric Abidal, membakar mental dan semangat juang Timnas Indonesia U-16.

Ia pun bercerita tentang penyakit kanker yang menyerang dirinya. Meski begitu, dia tidak patah semangat.

Eric Abidal memang tengah menyapa para pemain muda Indonesia. Dirinya hadir bersama empat legenda lainnya yang terdiri dari Roberto Carlos, Juan Sebastian Veron, Marco Materazzi, dan Giorgos Karagounis.

Abidal dan para legenda ini menghadiri diskusi PSSI bersama Bank Rakyat Indonesia yang bertajuk Brimo Future Garuda.

Brimo Future Garuda adalah aktivitas untuk memberikan pelatihan, inspirasi, dan motivasi bagi para pemain muda Indonesia yang digagas PSSI dan BRI.

Dalam kesempatan ini, Abidal bercerita akan satu perjalanan hidupnya yang tak mungkin dia lupakan, yaitu saat dirinya bercerita tentang sakit tumor liver yang menggerogotinya pada Maret 2011.

Namun, mantan pemain asal Prancis itu mampu comeback pada Mei tahun yang sama.

Abidal bermain selama semenit ketika Barcelona mengimbangi Real Madrid 1-1 dalam leg kedua babak semifinal Liga Champions 2010/2011.

Hasil itu sudah cukup untuk membawa Barcelona lolos ke partai puncak Liga Champions karena dalam pertemuan pertama Sergio Busquets dkk menang 3-1 atas Real Madrid.

"Pada 2011, saya bermain dengan timnya Roberto Carlos, Real Madrid. Saya bertarung dengan kanker hati. Saya comeback untuk pertama kalinya," ucap Abidal.