Liga Indonesia

Kisah I Made Wirawan: Batalkan Niat Lupakan Sepak bola demi Mengabdi di Persib

Sabtu, 3 Juni 2023 14:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
I Made Wirawan bersama pelatih kiper Persib, Luizinho Passos, saat laga terakhir sebagai pemain sepak bola menghadapi Persikabo di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (15/04/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
I Made Wirawan bersama pelatih kiper Persib, Luizinho Passos, saat laga terakhir sebagai pemain sepak bola menghadapi Persikabo di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (15/04/23).

FOOTBALL265.COM - Asisten pelatih kiper Persib Bandung, I Made Wirawan, mengaku sempat memiliki rencana untuk benar-benar meninggalkan dunia sepak bola ketika gantung sepatu beberapa waktu lalu.

Namun, pada akhirnya Made memutuskan untuk kembali aktif di sepak bola dan menjalani tugas barunya sebagai asisten pelatih kiper Persib usai pensiun dari kancah profesional.

Apalagi, tawaran tersebut datang dari Persib, klub yang paling lama dibelanya saat masih aktif menjadi kiper. Dia hendak belajar banyak sekaligus menimba ilmu dari sosok Luizinho Passos.

Diketahui, I Made Wirawan memutuskan pensiun dari lapangan hijau begitu kompetisi Liga 1 2022-2023 rampung. Persib Bandung menjadi klub terakhir yang dibelanya.

"Dulu awalnya saya bilang kalau saya stop akan benar-benar berhenti keluar dari dunia bola. Sampai saya pikirkan apa yang akan dilakukan nanti mau itu di bola atau di luar bola," ucap I Made Wirawan.

"Tapi saya ada tawaran lagi di sini dan punya kesempatan untuk belajar. Saya juga masih ingin dekat dengan sepak bola dan akhirnya saya ambil keputusan ini," ungkap Made menuturkan.

Made berharap tugas barunya tersebut bisa berkontribusi signifikan dan membawa skuat Maung Bandung meraih prestasi, salah satunya dalam ajang Liga 1 2023-2024 yang rencananya akan digelar pada awal Juli mendatang.

"Semoga dunia baru ini menjadi pilihan terbaik bagi diri saya dan karier saya," ucap asisten pelatih kiper kelahiran Bali tersebut.

Saat ini, Made sudah fokus untuk menjalankan tugas barunya di Persib. Pasalnya, sebelumnya dia sudah menikmati liburan dan melupakan segala aktivitas yang berkaitan dengan sepak bola.

"Iya itu saat liburan benar-benar saya nggak berpikir soal bola. Dulu saya liburan (saat masih jadi kiper) jaga makan, jaga kondisi, liburan terakhir (setelah pensiun) saya hancurkan semua," tandas Made Wirawan.