In-depth

Jalan Terjal Bali United Menuju Pentas Liga Champions Asia, Diadang Raksasa Liga Jepang!

Selasa, 13 Juni 2023 16:49 WIB
Editor: Juni Adi
© Instagram@baliunitedfc
Laga Kualifikasi Liga Champions Asia antara Bali United vs PSM Makassar. (Foto: Instagram@baliunitedfc). Copyright: © Instagram@baliunitedfc
Laga Kualifikasi Liga Champions Asia antara Bali United vs PSM Makassar. (Foto: Instagram@baliunitedfc).

FOOTBALL265.COM - Bali United harus melalui jalan berliku nan terjal untuk bisa tampil di putaran babak utama Liga Champions Asia musim ini.

Bali United yang menjadi juara Liga 1 2022, menghadapi PSM Makassar selaku juara Liga 1 2023 pada pertandingan babak playoff Liga Champions Asia dalam dua leg pertandingan. 

Hasilnya, Bali United berhasil meraih kemenangan atas PSM Makassar dan melaju ke tahap selanjutnya. 

Di pertandingan leg pertama, kedua tim bermain imbang 1-1. Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali United unggul lebih dahulu melalui gol Irfan Jaya menit ke-15. Tetapi mampu disamakan oleh PSM Makassar di babak kedua. 

Ilija Spasojevic mencetak gol bunuh diri menjadi 1-1 dan bertahan hingga laga usai. Sedangkan di leg kedua berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie.

PSM Makassar dan Bali United bermain hati-hati demi bisa menjaga peluang lolos ke tahap selanjutnya Liga Champions Asia. Alhasil, pertandingan berjalan monoton, dan minim peluang.

Gol baru tercipta di babak kedua. Bali United unggul lebih dahulu melalui gol buhun diri Erwin di menit ke-51. Tetapi PSM Makassar mampu menyamakan kedudukan jadi 1-1 setelah Rizky Eka menceta gol menit tke-83.

Skor itu bertahan hingga laga usai. Skor juga tidak berubah ketika pertandingan babak perpanjangan waktu dilakukan 2X15 menit.

Alhasil, penentuan harus dilakukan melalui adu penalti. Bali United keluar sebagai pemenangnya, setelah semua penendang penalti mereka tak ada yang bisa dihentikan.

Sementara PSM Makassar bisa digagalkan satu tendangan milik Wiljan Pluim, skor penalti 4-5 untuk kemenangan Bali United. Bali United pun melaju ke babak kualifikasi round 1, sementara PSM terbuang ke Piala AFC.