Liga Indonesia

Ketagihan Pemain Liga Malta, PSIS Semarang Bongkar Alasan Pilih Lucas Gama

Jumat, 16 Juni 2023 13:51 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO PSIS Semarang
PSIS Semarang resmi mengumumkan Lucas Gama sebagai rekrutan terakhir menuju kompetisi Liga 1 2023-2024.  (Foto: MO PSIS Semarang) Copyright: © MO PSIS Semarang
PSIS Semarang resmi mengumumkan Lucas Gama sebagai rekrutan terakhir menuju kompetisi Liga 1 2023-2024. (Foto: MO PSIS Semarang)

FOOTBALL265.COM - PSIS Semarang resmi mengumumkan Lucas Gama sebagai rekrutan terakhir menuju kompetisi Liga 1 2023-2024. Kehadiran Lucas Gama membuat PSIS layak menjadi representasi sepak bola Malta.

Lucas Gama sejatinya sudah merapat ke Semarang pada pekan lalu. Namun, bek asal Brasil ini harus melalui sejumlah tes sebelum menandatangani kontrak bersama PSIS.

Ternyata, setelah melalui tahapan tes medis, seperti tes fisik, tes fungsi kaki hingga tes lutut, Lucas Gama dinyatakan layak untuk mengarungi kompetisi musim 2023-2024.

PSIS pun resmi mengumumkan bergabungnya Lucas Gama pada Kamis (15/06/23) siang. Lucas Gama akan mengenakan nomor punggung 93.

"Hari ini kami umumkan Lucas Gama sebagai rekrutan pemain asing terakhir PSIS musim ini," kata Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi.

Perekrutan Lucas Gama mengingatkan PSIS pada sosok Wallace Costa Alves. Sosok bertinggi 186 sentimeter itu memperkuat PSIS pada Liga 1 musim 2019 dan 2021-2022.

Pada musim lalu, PSIS coba menggunakan jasa pemain asal Sierra Leone, Alie Sesay. Tapi ternyata Alie tak tampil sesuai harapan dan resmi berpisah setelah putaran pertama Liga 1 2022-2023 rampung.

Kini, PSIS kembali pada bek asal Brasil. Yoyok Sukawi menilai Lucas Gama memenuhi kriteria yang dibutuhkan PSIS menatap musim 2023-2024.

"Berdasarkan evaluasi dari musim lalu, di lini belakang kami butuh sosok pemain asing dengan bertipikal leader dan berkualitas. Setelah melalui diskusi yang cukup panjang, akhirnya kami memutuskan untuk merekrut Lucas Gama," jelasnya.

Sebelum gabung PSIS, Lucas Gama merupakan bek andalan tim Persikabo 1973. Musim lalu, Lucao, sapaan akrabnya bermain dalam 31 pertandingan.

Hebatnya, selama diturunkan Persikabo, Lucao belum pernah digantikan dalam pertandingan. Lucao turut mencatatkan dua gol dan satu assist.

Makanya, setelah resmi berpisah dengan Persikabo 1973, ada banyak tim yang memburu Lucao. Bek 29 tahun ini pada akhirnya menjatuhkan pilihan untuk tim PSIS.

"Untuk mendatangkannya, kami juga butuh kerja keras karena beberapa klub juga mengincarnya. Semoga segera beradaptasi dan tampil baik musim ini," ucap Yoyok.