In-depth

Barcelona yang Akrab dengan Stadion Wembley Venue Final Liga Champions 2024, Juara Musim Depan?

Sabtu, 24 Juni 2023 22:13 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Albert Gea
Dua gelandang muda Barcelona, Pedri dan Gavi Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Dua gelandang muda Barcelona, Pedri dan Gavi

FOOTBALL265.COM - Penunjukan Stadion Wembley sebagai venue final Liga Champions musim depan bisa menguntung Barcelona karena mereka akrab dengan kemenangan, jika mampu bisa lolos hingga partai puncak.

Sebanyak 26 tim memastikan diri akan tampil otomatis di babak penyisihan grup Liga Champions musim depan 2023-2024, setelah kompetisi-kompetisi domestik di Eropa sudah selesai dilaksanakan.

Sementara, sisa enam slot kontestan yang bakal ikut bersaing di fase grup, akan diperebutkan melalui babak play-off. Puluhan klub nantinya akan bertanding merebut sisa tiket untuk mentas di babak utama. 

Jika sudah ada enam tim yang mengantongi tiket, mereka akan ikut dalam undian menentukan pembagian grup. Dibagi delapan, setiap grup nantinya akan diisi empat tim dengan seadil mungkin melalui undian sesuai penempatan pot 1,2,3,4. 

Musim lalu, Manchester City keluar sebagai pemenangnya usai mengalahkan Inter Milan di partai final dengan skor 1-0. Gol tunggal The Citizens dicetak oleh Rodri.

Itu merupakan gelar spesial bagi Manchester City karena jadi trofi pertama Si Kuping Besar dalam sejarah klub berdiri. Format pertandingan round-robin dengan sistem dua leg nantinya masih berlaku di Liga Champions 2023/24.

Ini merupakan musim terakhir format pertandingan yang diikuti 32 tim itu bakal berlaku, setelahnya UEFA mengumumkan akan memakai format baru. 

Untuk kick-off sendiri, Liga Champions 2023-2024 bakal mulai digelar pada 19 September 2023 mendatang. Sementara untuk laga final bakal dihelat di Stadion Wembley pada 01 Juni 2024 mendatang.

Penunjukan Stadion Wembley sendiri sudah diumumkan sejak 2021 lalu oleh UEFA. Ini merupakan pertama kali stadion berkapasitas 90 ribu penonton itu terpilih lagi jadi final Liga Champions setelah 11 tahun lalu.

Terakhir kali Stadion Wembley menggelar final Liga Champions terjadi pada tahun 2013 antara Dortmund vs Bayern Munchen.