Liga Champions

Terseret Kasus Dugaan Suap, Barcelona Bisa Dikeluarkan dari Liga Champions

Kamis, 29 Juni 2023 10:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Albert Gea
Barcelona belakangan sedang mengalami masalah tidak mengenakkan yang mengancam posisi mereka di Liga Champions. Foto: REUTERS/Albert Gea. Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Barcelona belakangan sedang mengalami masalah tidak mengenakkan yang mengancam posisi mereka di Liga Champions. Foto: REUTERS/Albert Gea.

FOOTBALL265.COM - Barcelona belakangan sedang mengalami masalah tidak mengenakkan yang mengancam posisi mereka di kompetisi elite Eropa, Liga Champions.

Raksasa sepak bola Spanyol tersebut harus menjalani serangkaian investugasi menyusul kasus Caso Negreira yang sudah mendera mereka sejak beberapa waktu lalu.

Barcelona, diduga melakukan suap terhadap Wakil Presiden Komite Wasit Spanyol periode 1994 s.d. 2018, Jose Maria Enriquez Negreira, untuk mendapat informasi dan analisis pertandingan.

Keluhan terhadap Barcelona pun pertama kali dilayangkan wasit bernama Xavier Estrada Fernandez, yang kemudian ‘diramaikan’ oleh keterlibatan Komite Olahraga Spanyol.

Berdasarkan laporan Football Espana dari Marca, UEFA sebagai induk yang menaungi kompetisi Liga Champions pun akan segera mengambil sikap.

Mereka kabarnya bakal memberi keputusan pada dua pekan pertama bulan Juli, namun Barcelona mungkin masih bisa bernapas lega karena pengadilan belum dimulai.

Selain itu, belum banyak yang bisa dikulik dari kasus ini selain dugaan Jose Maria Enriquez Negreira yang disebut-sebut menerima 7 juta euro dari akun bank milik Barcelona.

Masih dalam laporan Football Espana, jika tuduhan yang dialamatkan kepada Barcelona itu terbukti, alias uang yang dikirim klub ternyata digunakan untuk memengaruhi hasil laga, Blaugrana bisa saja dikeluarkan dari Liga Champions.

Namun untuk saat ini, UEFA kabarnya ingin melihat terlebih dahulu seperti apa respons Barcelona terhadap 70 pertanyaan yang sudah dikirim ke klub beberapa waktu lalu.

Andaikata terbukti bersalah dan dihukum UEFA tidak bolah tampil di Liga Champions, Barcelona tentu akan kehilangan banyak hal berharga.