Liga 1

Dari Comvalius hingga Pato, Tradisi Debutan Liga 1 yang Langsung Jadi Top Skor

Jumat, 30 Juni 2023 18:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© INDOSPORT/M. Fahmi
Mantan pemain asing Bali United, Sylvano Dominique Comvalius. Copyright: © INDOSPORT/M. Fahmi
Mantan pemain asing Bali United, Sylvano Dominique Comvalius.

FOOTBALL265.COM – Ajang Liga 1 Indonesia kerap kali hadirkan kejutan di akhir kompetisi, salah satunya adalah para pemain asing yang langsung mencuat bahkan jadi top skor pada musim debutnya.

Pada gelaran Liga 1 musim ini, sejumlah perubahan coba dilakukan PSSI demi menaikan kualitas tim-tim yang bertanding serta jalannya laga tiap pekan.

Perubahan paling mencolok adalah jumlah pemain asing yang bertambah. Jika di musim lalu para tim peserta Liga 1 hanya boleh memainkan 4 pemain asing, di musim ini bertambah menjadi 6.

Dengan peraturan baru tersebut, banyak tim-tim papan atas Indonesia mulai gencar mencari amunisi asing untuk memperkokoh skuat mereka.

Arema FC misalnya, tim asal Jawa Timur ini sudah mendatangkan lima pemain asing yakni Ariel Lucero (Argentina), Charles Lokolingoy (Australia), Charles Raphael (Brazil), Gustavo Almeida (Brazil) serta Ichaka Diarra (Mali).

Dari kelima pemain tersebut, nama Charles Lokolingoy tampaknya bakal jadi sorotan lantaran sang striker punya jam terbang cukup apik sebelum mentas di Liga 1.

Di musim lalu, penyerang berusia 26 tahun tersebut sukses mengemas 11 gol serta memberikan dua assist dari total 27 pertandingan bersama Zebbug Rangers di kasta teratas Liga Malta.

Seperti diketahui, cukup banyak pemain jebolan Liga Malta yang berhasil tampil impresif di Liga Indonesia dalam beberapa musim terakhir.

Berbekal catatan tersebut, mungkin saja Charles Lokolingoy bakal bisa melanjutkan tren positif itu di Liga 1 musim 23/24 nanti.

Bahkan Charles Lokolingoy bisa mengikuti jejak para striker asing debutan berikut yang langsung bisa moncer dan jadi top skor Liga 1 di akhir kompetisi.