Timnas Indonesia

Bima Sakti Pakai Staf Timnas U-16 di Piala Dunia U-17, Markus Horison Tetap Diajak?

Sabtu, 1 Juli 2023 16:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti menyampaikan tetap memakai staf pelatih tahun lalu atau dari Timnas U-16 untuk membantunya di Piala Dunia U-17 2023. Indonesia akan tampil sebagai tuan rumah di kejuaraan dua tahunan itu. 

Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan pada 10 November - 2 Desember mendatang. Waktu yang mepet membuat Bima Sakti memilih memakai staf pelatih yang sama saat membantunya meraih juara Piala AFF U-16 2022. 

Namun, pelatih 47 tahun itu menjelaskan akan ada sedikit perubahan. Ada nama staf pelatih yang dipertahankan, tapi ada juga yang diganti. 

"Staf sebagain besar dari yang Timnas U-16 yang juara AFF. Kemudian ada perubahan beberapa orang juga, tapi ada penambahan juga," jelasnya ke INDOSPORT.com.

Pada Piala AFF U-16 tahun lalu, Bima Sakti dibantu oleh tiga pelatih lokal sebagai asisten. Mereka adalah Indriyanto Nugroho, Firmansyah dan Markus Horison. 

Kolaborasi ketiganya dibantu staf lainnya menghasilkan trofi AFF U-16 2022, setelah kalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di partai final. 

Namun, nama Markus Horison lantas jadi sorotan netizen usai raih juara Piala AFF U-16. Itu lantaran dirinya tertangkap kamera berteriak 'local pride'.

Kalimat Markus Horison itu dinilai provokatif dan menyinggung tim senior besutan Shin Tae-yong yang menggunakan pemain naturalisasi. 

Karena hal itu, posisi Markus Horison di Timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023 kembali jadi sorotan. Netizen dan penggemar sepak bola mendesak agar PSSI tidak memanggil eks kiper Timnas Indonesia itu lagi. 

Bima Sakti selaku pelatih Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 pun belum menjelaskan secara rinci, siapa saja asisten yang dipanggil dan siapa yang diganti. Hal itu baru akan diketahui dalam waktu dekat.