In-depth

Timnas Indonesia Debut di Piala Dunia U-17 2023, Ikut Jejak Afrika Selatan dan Oman

Selasa, 4 Juli 2023 17:37 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-17 menjadi debutan tunggal sekaligus tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang bakal digelar mulai bulan November mendatang. Foto: Herry Ibrahim. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-17 menjadi debutan tunggal sekaligus tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang bakal digelar mulai bulan November mendatang. Foto: Herry Ibrahim.

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-17 menjadi debutan tunggal sekaligus tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang bakal digelar mulai bulan November mendatang.

Ya, ini adalah kali pertama Indonesia tampil di Piala Dunia level U-17. Mereka dipastikan masuk pot 1 drawing dan akan berada di Grup A.

Jelang perhelatan FIFA dua tahunan ini, sektor sepak bola Tanah Air pun tidak berhenti berbenah. Dari pemain, pelatih, stadion, dan yang lainnya, harus dipersiapkan sebaik mungkin.

Tentu saja, tidak cuma PSSI maupun penggiat sepak bola yang bakal senang apabila event ini berjalan lancar di negeri sendiri, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

Terlebih lagi, dengan status debutan sekaligus tuan rumah, Indonesia pasti akan mendapat sorotan tajam dari publik internasional.

Menjadi debutan tunggal di Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia U-17 pun megikuti jejak Afrika Selatan dan Oman.

Dua kontestan tersebut menjadi anomali tersendiri sepanjang sejarah Piala Dunia U-17, karena status mereka sebagai tim yang debut secara solo alias sendirian.

Afrika Selatan, tecatat sebagai debutan tunggal di Piala Dunia U-17 2015 yang digelar di Chile. Mereka berada di Grup E bersama Rusia, Kosta Rika, dan Korea Utara.

Namun sayang, Afrika Selatan gagal lolos dari fase grup. Bahkan, kontestan dari zona CAF ini finis di peringkat terbawah klasemen dengan 1 poin.

Ya, hanya satu hasil imbang dan dua kekalahan yang bisa diraih Thendo Mukumela dkk sepanjang partisipasi mereka di turnamen.