Liga 1

Samurai Menggila, 3 Pemain Jepang Cetak Gol di Laga Pembuka Liga 1 2023-2024

Selasa, 4 Juli 2023 20:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persija Jakarta, Ryo Matsumura menghindar dari kejaran pemain PSM Makassar pada pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (03/07/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persija Jakarta, Ryo Matsumura menghindar dari kejaran pemain PSM Makassar pada pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (03/07/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Beberapa pemain asal Jepang tampil gemilang pada laga pembuka BRI Liga 1 2023-2024. Bukan hanya bermain apik, mereka juga mencetak gol.

Total ada 3 pemain asal Negeri Samurai yang mencetak gol pada pertandingan perdana Liga 1 Indonesia ini.

Para pemain tersebut adalah Kenzo Nambu (PSM Makassar), Ryo Matsumura (Persija Jakarta), dan Mitsuru Maruoka (RANS Nusantara).

Namun, dominasi penampilan gemilang pemain Jepang pada match pertama Liga 1 musim ini tidak terlalu menganggetkan.

Alasannya nama-nama pemain Jepang di atas sebenarnya bukanlah wajah baru di Liga 1. Mereka bertiga sudah mewarnai sepak bola Tanah Air sejak 2022.

Artinya terlepas dari skill dan mental mereka yang di atas rata-rata, para pemain Jepang tersebut sudah beradaptasi baik dengan gaya sepak bola Indonesia.

Kemampuan mumpuni milik Nambu, Matsumura, dan Maruoka tidak perlu dipertanyakan lagi berasal dari mana. Jawabannya tentu saja karena budaya disiplin Negeri Samurai.

Budaya disiplin di sana juga menular untuk sepak bola, khususnya di Liga Jepang (J.League). Dan tentu saja, Nambu, Matsumura, dan Maruoka adalah jebolan akademi klub J.League.

Lahir dan besar di Ibu Kota Jepang, Nambu sudah gabung dengan akademi Tokyo Verdy sedari jenjang sekolah. Lalu dia malang-melintang main di klub J.League seperti Kataller Toyama, Briobecca Urayasu, hingga FC Osaka.

Lalu untuk Matsumura sudah gabung klub ternama Vissel Kobe dari akademi pada 2010, dan kemudian masuk tim senior pada 2012.