In-depth

Profil Maximilian Steinbauer, Bek Berdarah Jerman-Thailand yang Bakal Susul Gajos ke Persija

Rabu, 12 Juli 2023 20:41 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Starting eleven Persija saat melawan Persikabo pada pekan kedua Liga 1 di stadion Pakansari, Minggu (08/07/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Starting eleven Persija saat melawan Persikabo pada pekan kedua Liga 1 di stadion Pakansari, Minggu (08/07/23).

FOOTBALL265.COM - Klub Liga 1, Persija Jakarta dikabarkan bakal mendatangkan pemain asing anyar lagi di posisi bek yakni Maximilian Steinbauer.

Persija Jakarta tampil mengecewakan dalam dua pertandingan awal Liga 1 musim ini, dimana mereka belum sekalipun mampu meraih kemenangan.

Di pekan pertama mereka ditahan imbang oleh PSM Makassar dengan skor 1-1, kemudian di pekan kedua juga meraih hasil imbang melawan Persikabo 1973 dengan skor 0-0.

Performa itu lantas membuat pelatih Thomas Doll geram. Ia menyalahkan manajemen yang lambat mendatangkan pemain baru di bursa transfer, untuk menambah kekuatan tim.

Terutama pemain asing, karena kouta pemain impor Persija masih banyak lowong karena baru diisi oleh tiga pemain yaitu Marko Simic, Ryo Matsumura dan Ondrej Kudela.

Masih ada tiga slot pemain asing lagi di Persija Jakarta terdiri dari dua pemain asing bebas dan satu pemain asing Asia Tenggara.

"Kami masih menunggu pemain asingnya dan kalau dibandingkan dengan tim lain, mereka sudah mulai lengkap," kata Doll usai laga melawan Persikabo.

"Dan di situasi seperti ini, seperti tadi di akhir-akhir pertandingan akhirnya para pemain muda dari akademi juga bisa main dan bisa menahan Persikabo di kandangnya," tambahnya.

"Tapi mereka untuk saat ini sedang sulit dan ini adalah konsekuensi kami sedikit terlambat (mendatangkan pemain) untuk bursa transfer musim ini," terang mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Menjawab kritikan Thomas Doll, jajaran manajemen Macan Kemayoran langsung aktif mencari pemain incaran.

Salah satu nama yang rumornya masuk dalam radar adalah bek berpaspor Thailand, Maximilian Steinbauer untuk mengisi slot pemain asing Asia Tenggara. Seperti apa profilnya?

Profil Maximilian Steinbauer

Maximilian Steinbauer adalah pesepakbola kelahiran Berlin, Jerman, pada 29 April 2001. Maximilian Steinbauer merupakan pemain versatile, ia dapat bermain di banyak posisi seperti bek kanan, bek tengah, dan gelandang kanan.

Ia memulai karier sepak bola profesionalnya saat menimba ilmu di tim akademi lokal, Union Berlin pada 2017 berkompetisi di Bundesliga Junior.

Kemudian Maximilian Steinbauer naik level memperkuat Berlin U-17. Semusim kemudian karena bakatnya terus berkembang, pemain berusia 22 tahun itu dipromosikan ke tim U-19.

Bersama tim Union Berlin muda, Steinbauer mencatatkan 49 penampilan dan membuat 1 gol serta 1 assist. Bakatnya kemudian tercium oleh tim kasta keempat.

Pada tahun 2020, Steinbauer diboyong oleh klub TeBe Berlin yang bermain di Liga Kasta Keempat Liga Jerman dengan status bebas transfer.

Namun sayang ia kesulitan menembus tim utama sehingga hanya membuat 10 penampilan dan mencetak 1 gol. Kurangnya menit bermain menit bermain, membuat Steinbauer memutuskan untuk hengkang.

Ia membuat keputusan berani dengan meninggalkan Eropa menuju sepak bola Asia Tenggara. Thailand menjadi negara destinasi karier berikutnya.

Klub papan atas Liga Thailand, Muangthong United merekrutnya pada Januari 2021. Hanya bertahan enam bulan, Steinbauer direkrut oleh Sukhotai FC pada Juli 2021.

Di Sukhothai FC, Maximilian Steinbauer menemukan penampilan terbaiknya. Ia jadi andalan di tim utama dengan mencatatkan 36 penampilan dan mencetak 6 gol serta 6 assist sejauh ini di semua ajang.

Ia kemudian dinaturalisasi menjadi warga negara Thailand, sehingga bisa memperkuat timnas Thailand di level U-23 dan senior.

Persija pun berpeluang memboyong Maximilian Steinbauer untuk mengisi slot pemain asing Asia Tenggara. Sekedar informasi, kontrak Maximilian Steinbauer bersama Sukhothai FC telah berakhir sejak 31 Mei 2023 lalu.