In-depth

Rizki Hidayat Jebolan Diklat Persib yang Jalani Debut di Liga 1 Bersama Persikabo

Rabu, 12 Juli 2023 14:41 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Persib.co.id
Michael Essien dan Rizki Hidayat Copyright: © Persib.co.id
Michael Essien dan Rizki Hidayat

FOOTBALL265.COM - Bermain di kompetisi Liga 1 merupakan salah satu cita-cita dari pesepakbola bola yang ada di tanah air, termasuk bagi Rizki Hidayat pemain jebolan Diklat Persib.

Cita-cita Kinyun sapaan akrab Rizki Hidayat, untuk bisa merasakan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, akhirnya terwujud setelah manajemen Persikabo 1973 merekrutnya. 

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini, direkrut oleh manajemen Persikabo untuk persiapan menghadapi Liga 1 musim 2023-2024. Dia, diumumkan menjadi bagian dari tim Laskar Padjajaran melalui akun media sosial klub.

Kompetisi musim ini, menjadi pengalaman pertama bagi Kinyun berlaga di Liga 1. Pasalnya, setelah dari Diklat Persib, dia lebih banyak memperkuat tim Liga 3 dan Liga 2.

Saat di Diklat Persib dan Persib U-21, Rizki Hidayat satu angkatan dengan beberapa pemain yang saat ini sudah lebih dulu tampil di Liga 1, seperti Henhen Herdiana, Febri Hariyadi, dan Gian Zola. 

Setelah dari Persib U-21, pada 2017 Rizki Hidayat bergabung dengan tim satelit Persib, Maung Anom di kompetisi Liga 3, setelah dua musim bersama tim satelit Persib, dia memutuskan untuk memperkuat Persip Pekalongan.

Kemudian, usai dari Persip Rizki Hidayat memperkuat Persijap Jepara di Liga 3 dan turut mengantarkan tim tersebut promosi ke Liga 2 2020, setelah pada pertandingan final Liga 3 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (29/12/19), berhasil menaklukkan PSKC Cimahi.

Pertandingan final tersebut berakhir untuk kemenangan Persijap 3-1. Tiga gol Persijap disumbangkan oleh tiga pemain berbeda, yakni Faldi Ades Tama pada menit ke-67, Rizky Hidayat (71') lewat titik putih, dan Zainal Arifin (73').

Selain berhasil membawa Persijap juara Liga 3 2019, Rizki Hidayat juga mendapat gelar individu yakni pemain terbaik. Kemudian, pada musim 2021-2022 RANS Nusantara FC tertarik untuk merekrutnya.

Saat itu RANS Nusantara FC bermain di kompetisi Liga 2 2021-2022, bersama tim tersebut Rizki Hidayat mendapatkan kesempatan bermain dalam 11 pertandingan dengan mengumpulkan 189 menit bermain.

Selain itu, pada musim tersebut Rizki Hidayat juga turut mengantarkan RANS Nusantara FC promosi ke Liga 1. Hanya saja, saat kompetisi Liga 2022-2023, dia tidak masuk dalam skema pelatih.

Sehingga, untuk mengarungi kompetisi musim 2022-2023, Rizki Hidayat kembali bergabung dengan Persijap Jepara tim yang sempat dibelanya beberapa musim lalu.

Rizki Hidayat yang turut mengantarkan Persijap promosi ke Liga 2 pada tahun 2019 ini, langsung menjadi pilihan utama dan sering tampil sebagai starter di skuad Laskar Kalinyamat.

Bahkan, Rizki Hidayat sempat mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai kapten tim, saat Persijap Jepara menghadapi Nusantara United di laga tandang Liga 2 2022-2023.

Bersama Persijap Jepara, Rizki Hidayat tampil penuh di tujuh pertandingan dengan mengumpulkan 630 menit bermain. Saat itu, kompetisi Liga 2 hanya berlangsung hingga pekan ketujuh.

Pasalnya, kompetisi terpaksa dihentikan akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, usai pertandingan Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023.

Setelah berpetualang dari Liga 3 dan Liga 2, Rizki Hidayat akhirnya untuk pertama kalinya dalam kariernya sebagai pemain sepak bola memperkuat tim peserta Liga 1 yakni Persikabo 1973.

Rizki Hidayat menjadi salah satu pemain yang disiapkan oleh pelatih Aidil Sharin Sahak, untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Saat pertandingan perdana kompetisi Liga 1 2023-2024, Persikabo melakoni pertandingan tandang menghadapi tuan rumah RANS Nusantara FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (03/07/23). 

Pada pertandingan perdana kompetisi Liga 1 2023-2024 tersebut, Rizki Hidayat mendapatkan kesempatan bermain dari Aidil Sharin Sahak, untuk bermain. Dia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua menit 66, menggantikan Kaishu Yamazaki.

Namun dalam laga perdana di kompetisi Liga 1 2023-2024, Rizki Hidayat gagal menjalani debutnya dengan manis, pasalnya Persikabo harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-1.

Setelah itu, pada pertandingan pekan kedua kompetisi Liga 1 2023-2024, Persikabo melakoni laga kandang perdana di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu malam (09/07/23), menghadapi Persija Jakarta.

Pada pertandingan pekan kedua kompetisi Liga 1 2023-2024, Rizki Hidayat kembali masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) Persikabo. Namun, dia tidak mendapatkan kesempatan bermain dan hanya duduk di bangku cadangan.

Sementara itu, berada di tim Liga 1 sebenarnya bukan hal baru bagi Rizki Hidayat, meskipun bermain di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia bersama Persikabo merupakan yang pertama baginya.

Pasalnya, saat Persib Bandung dilatih oleh Djajang Nurdjaman, dia sempat berlatih bersama skuad Maung Bandung. Bahkan, saat itu dia berlatih bersama legenda Chelsea Michael Essien. 

Saat itu, dia diberi kenang-kenangan sepasang sepatu dari pemain yang pernah membela tim-tim besar Eropa tersebut. Berlatih bersama Persib yang dihuni Michael Essien, Kinyun juga mendapat banyak pengalaman dan ilmu dari pemain kelas dunia tersebut.