Liga 1

Level Derby Jatim Persik Kediri vs Arema FC di Mata Al Hamra Hehanusa

Jumat, 14 Juli 2023 16:53 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Persik Kediri
Persik merekrut eks Persija, Al Hamra Hehanusa. Copyright: © MO Persik Kediri
Persik merekrut eks Persija, Al Hamra Hehanusa.

FOOTBALL265.COM - Persik Kediri sudah menegaskan target yang diusung dalam laga pekan ke-3 Liga 1 Indonesia 2023-2024 bertajuk Derby Jawa Timur menjamu Arema FC di Stadion Brawijaya, Sabtu (15/7/23).

Tim berjulukan Macan Putih punya kesempatan terbaik untuk memetik kemenangan pertama musim ini, setelah menjalani dua laga awal dengan satu angka.

Persik mengawali Liga 1 dengan hasil imbang 1-1 menjamu Borneo FC di Kediri (3/7/23) sebelum kalah 2-3 dalam Derby Jatim di markas Madura United (9/7/23).

Al Hamra Hehanusa kembali menegaskan target timnya itu saat menghadapi Arema FC. Terlebih, status laga ini adalah derby antar sesama tim Jawa Timur.

"Pandangan saya soal derby adalah pertandingan yang serius. Apalagi kami bermain di kandang juga," beber Hamra saat sesi pre-match press conferrence Jumat (14/7/23).

Bek andalan Persik Kediri itu juga tahu betul kepentingan timnya tak ada lain selain menang karena tiga poin akan memudahkan langkah mereka di Liga 1.

Jika target itu terwujud, setidaknya Persik Kediri yang kini menempati urutan ke-14, akan kembali meramaikan persaingan di jajaran 10 besar klasemen Liga 1.

"Kami sudah menjalani persiapan dengan baik sejauh ini. Semua instruksi pelatih tinggal diterapkan saat pertandingan," jelas eks bek Persija Jakarta itu.

Hamra sendiri bakal kembali berduet dengan Anderson Nascimento. Duet ini menjadi bagian penting Persik Kediri kala memenangi sembilan laga beruntun pada kompetisi musim lalu.

Kerja sama keduanya juga menghasilkan gol. Hamra Hehanusa mengirim assist bagi gol salto Anderson saat Persik ditahan imbang 1-1 oleh Borneo FC.

Perbaiki Statistik

Tak hanya menang saja, tapi Persik Kediri juga punya tugas lain dalam Derby Jatim menghadapi Arema FC di Stadion Brawijaya, Sabtu (15/7/23).

Tim Macan Putih dibayangi statistik minor saat menjamu Arema FC di Liga 1 musim lalu. Yaitu saat mereka kalah 0-1 di hadapan suporter sendiri, 17 Juni 2022.

Ketika itu, Al Hamra Hehanusa belum bergabung dengan Persik. Tapi dia langsung berkontribusi Derby Jatim ini berlangsung di putaran kedua.

Hamra mengantar tim yang waktu itu dibesut Divaldo Alves memenangi duel dengan skor 3-2, saat Arema FC menjalani laga kandang usiran di Jakarta (28 Februari).

"Statistik tahun lalu sudah kami lupakan semua. Musim ini, kami akan memperbaiki statistik itu di sini," ungkap Hamra Hehanusa.

Dari statistik head to head, kedua tim juga berimbang. Persik Kediri dan Arema FC saling mengalahkan dalam lima kali pertemuan sejak 2021.

Dan selama periode 10 tahun terakhir, Arema FC masih dominan dengan perolehan lima kali kemenangan, sekali imbang, dan dua kali kalah.

"Melawan Arema FC, kami harus bekerja keras untuk memberi hasil terbaik bagi Persik," pungkas adik bek Persib Bandung, Rezaldi Hehanusa, itu.