In-depth

Pelatih Persib dari Asia Tenggara yang Cocok Jadi Bocoran Gantikan Luis Milla Arungi Liga 1

Minggu, 16 Juli 2023 15:39 WIB
Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi kegembiraan para pemain Persib usai Ezra Walian mencetak gol penyama 2-2 ke gawang Dewa United pada pekan ketiga Liga 1 di stadion GBLA, Jumat (14/07/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi kegembiraan para pemain Persib usai Ezra Walian mencetak gol penyama 2-2 ke gawang Dewa United pada pekan ketiga Liga 1 di stadion GBLA, Jumat (14/07/23).

FOOTBALL265.COM - Persib Bandung saat ini tengah mencari pelatih baru menggantikan Luis Milla arungi Liga 1, beberapa nama layak jadi bocorannya termasuk dari Asia Tenggara.

Kabar mengejutkan datang dari ranah sepak bola nasional khususnya untuk para pendukung Persib Bandung. Tim kebanggaan warga Jawa Barat itu baru saja berpisah dengan pelatih Luis Milla.

Padahal kompetisi Liga 1 musim 2023/24 sendiri baru saja berjalan dengan melaksanakan tiga pertandingan awal. Saat ini, Persib berada di peringkat ke-12 di klasemen Liga 1 dengan 3 poin hasil dari 3 kali imbang.

Keputusan pelatih asal Spanyol tersebut mundur dari skuat Maung Bandung, diumumkan oleh manajemen Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (15/07/23).

Pada pengumuman tersebut, hadir Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar, Kuswara S Taryono dan Luis Milla.

Faktor persoalan pribadi menjadi alasan di balik pengampilan keputusan juru taktik berusia 57 tahun tersebut. Selain Luis Milla, ada juga Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez yang mundur sebagai staff pelatih.

Persib Bandung sendiri sepertinya memang tidak berjodoh dengan pelatih dari Benua Eropa. Sebab sudah 12 juru taktik yang pernah menangangi, tidak ada satupun bisa memberikan gelar.

Artinya memang Persib layak mencoba pelatih yang paham dengan karakter sepak bola Tanah Air, salah satunya dari kawasan Asia Tenggara.

Salah satu yang selalu dikatikan dan kerap jadi bocoran adalah Kiatisuk Senamuang. Mantan juru taktik timnas Thailand itu merupakan pelatih ternama di Asia Tenggara.

Persib sebenarnya sudah tertarik menggunakan jasa Kiatisuk Senamuang sejak 2017 lalu, ketika Djadjang Nurdjaman terdepak dari kursi kepelatihan.

Kiatisuk Senamuang sempat dirumorkan akan merapat, sayang rumor itu tidak jadi kenyataan. Padahal manajer saat itu, Umuh Muchtar sudah terang-terangan ingin dilatih pria asal Thailand tersebut.

"Mungkin tahun ini kami tak bisa mendapatkannya. Semoga tahun depan, kami bisa mendapatkannya," ujar Umuh ketika itu.

"Sekarang, kami harus berbicara dulu dengan dewan klub. Tahun depan, kami berharap bisa melihatnya di sini," tuturnya menambahkan.

Hingga kini beberapa kali Persib melakukan pergantian, nama Kiatisuk Senamuang masih menjadi pelatih yang dinantikan untuk datang ke klub kebanggaan Bobotoh, lantaran ia memiliki reputasi yang mentereng.