Liga 1

Slavisa Jokanovic, Kandidat Pelatih Persib Bandung yang Pernah Tangani Fulham

Jumat, 21 Juli 2023 16:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Pelatih Fulham, Slavisa Jokanovic. Copyright: © Getty Images
Pelatih Fulham, Slavisa Jokanovic.

FOOTBALL265.COM - Slavisa Jokanovic, kandidat pelatih baru Persib Bandung di Liga 1 Indonesia 2023/24, yang ternyata pernah menangani salah satu tim Liga Inggris, Fulham.

Kabar mengejutkan datang dari tim Liga 1 Persib Bandung, yang memutuskan untuk menyudahi kerja sama mereka dengan pelatih kelas dunia, Luis Milla.

Padahal, kompetisi Liga 1 2023/2024 baru memasuki pekan ketiga, masih terlalu dini untuk melakukan keputusan besar seperti memecat pelatih.

Namun, manajemen berjanji akan bergerak cepat untuk mencari pelatih pengganti yang sepadan dengan Luis Milla, dan menukangi Persib Bandung di sisa kompetisi Liga 1.

"Mudah-mudahan dari manajemen dengan segala cara sekarang mencari pelatih baru," kata Komisaris Persib Bandung, Umuh Muchtar.

"Saya belum dikasih tahu. Sudah ada beberapa waktu kemarin, ada berapa banyak (pelatih), tetapi itu nanti bagaimana manajemen saja, siapa yang terpilih," ucapnya.

"Calonnya pelatih asing semuanya. Kemarin yang disampaikan pada saya ada empat kandidat. Sepertinya belum pernah melatih di Indonesia," lanjut Umuh Muchtar lagi.

Meski tidak secara blak-blakan menyebut siapa saja empat pelatih yang dimaksudkan Wak Haji Umuh, namun nama-nama itu kini beredar luas di media sosial.

Konon, salah satu nama yang muncul dari daftar kandidat pelatih Persib Bandung di Liga 1 2023/2024 yakni Slavisa Jokanovic, yang memiliki sepak terjang mentereng.

Sosok Slavisa Jokanovic dianggap yang paling layak meneruskan pekerjaan Luis Milla untuk membesut Maung Bandung.

Nama Slavisa Jokanovic memang asing di telinga penggemar sepak bola Indonesia, karena pelatih berpaspor Serbia itu tak pernah menukangi tim Liga 1.

Namun, Jokanovic dianggap paling ideal di antara kandidat pelatih tim Persib Bandung lainnya, karena pengalamannya bukan main, pernah malang melintang di Liga Inggris.

Apalagi, status Slavisa Jokanovic saat ini masih menganggur sejak kontraknya di tim Rusia habis pada 14 Mei 2023.

Slavisa Jokanovic cocok menukangi Persib karena ada jaminan jika ia tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi. Sebab, pelatih 54 tahun itu familiar dengan tim Asia Tenggara.

Slavisa Jokanovic pernah melatih klub asal Thailand, Muangthong United pada tahun 2012 silam. Setelah itu ia pun mengembara ke Inggris dan menjadi pelatih Watford.

Satu musim menukangi Watford, Slavisa Jokanovic memutuskan mengembara lagi, hingga di akhir tahun 2015, ia resmi didapuk menjadi pelatih Fulham di Liga Inggris.

Slavisa Jokanovic dipercaya melatih Fulham sampai tahun 2018, lalu kemudian ia sempat hijrah ke Qatar. Memasuki tahun 2021, sang juru taktik kembali ke Inggris dan meracik Sheffield United.

Beranjak ke tahun 2022, Slavisa Jokanovic melebarkan sayap ke Rusia dan membesut Dynamo Moscow. Kontraknya berakhir pada 14 Mei 2023 lalu, dan kini sedang nganggur.

Ini adalah kesempatan emas bagi Persib Bandung untuk mendatangkan pelatih kelas dunia ke Liga 1, di mana Slavisa Jokanovic dinilai sepadan dengan Luis Milla.

Namun, hingga kini manajemen Persib Bandung masih belum mengumumkan secara resmi, siapakah sosok yang akan mengambil alih posisi pelatih Maung Bandung.