In-depth

Untung Rugi Manchester United Bajak Romeo Lavia dari Liverpool

Selasa, 1 Agustus 2023 14:46 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Paul Childs
Romeo Lavia (kiri) dikaitkan dengan Manchester United di bursa transfer pemain. Foto: Reuters/Paul Childs. Copyright: © Reuters/Paul Childs
Romeo Lavia (kiri) dikaitkan dengan Manchester United di bursa transfer pemain. Foto: Reuters/Paul Childs.

FOOTBALL265.COM - Romeo Lavia yang belakangan santer dikabarkan akan datang ke Liverpool, secara mengejutkan malah dikaitkan dengan Manchester United.

Liverpool sendiri memang menghadapi kesulitan dalam perburuan Romeo Lavia dari Southampton. Tawaran 37 juta poundsterling mereka bahkan kabarnya ditolak.

Padahal, pemain berusa 19 tahun tersebut dibutuhkan Jurgen Klopp sebagai pengganti Fabinho yang baru saja hengkang ke Al Ittihad.

Seperti diwartakan teamTALK, di tengah panjangnya perjuangan memboyong Romeo Lavia, Liverpool justru tertimpa masalah pelik lainnya, yakni kabar munculnya para pesaing baru.

Manchester United pun menjadi nama yang paling mencolok karena latar belakang kedua klub yang merupakan rival abadi di Liga Inggris.

Sementara itu, Chelsea kabarnya turut terseret dalam pusaran Romeo Lavia ini karena menganggap ia sebagai opsi yang lebih efektif ketimbang Moises Caicedo.

Ya, kabar yang mengaitkan Manchester United dengan Romeo Lavia memang mengejutkan. Namun apakah sang pemain layak dipertimbangkan untuk merapat?

Dengan sepak terjang yang menarik, Romeo Lavia pun menjadi incaran yang sangat menggiurkan di bursa transfer pemain.

Ia mencatatkan rapor yang cukup layak sebagai back up Casemiro, bahkan mengungguli statistik eks Real Madrid tersebut di baberapa kategori.

Romeo Lavia mengantongi successful dribble (0,7) dan successful passes (30,2) yang ternyata lebih baik dari Casemiro (0,6 dan 17,3).

Selain itu, ia juga unggul dengan 86,5% accuracy dibandingkan Casemiro (83,3%) dan mencetak more tackle per laga (1,9 berbanding 1,4); kemudian intersep (1,1 berbanding 0,6).

Selain Casemiro, Romeo Lavia juga bisa diplot sebagai penerus Scott McTominay, dengan harga yang tentu saja relatif murah.