In-depth

Daftar Pelatih Juara ISL yang Bakal Ramaikan Liga 2 Musim Ini

Jumat, 4 Agustus 2023 18:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Djadjang Nurdjaman memimpin latihan Persebaya di Stadion GBT. Fitra Herdian/INDOSPORT Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Djadjang Nurdjaman memimpin latihan Persebaya di Stadion GBT. Fitra Herdian/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM – Sempat rasakan nikmatnya gelar juara di kasta teratas Liga Indonesia, kini para pelatih top Tanah Air berikut bakal saling bersaing di Liga 2 musim 23/24.

Pada bursa transfer jelang bergulirnya Liga 2 23/24, sejumlah klub melakukan cukup banyak gebrakan dengan mendatangkan pemain baru.

Apalagi dengan regulasi penggunaan pemain asing, membuat banyak tim mulai gencar datangkan amunisi berkualitas demi ambisi promosi.

Sejauh ini, sudah ada tiga klub Liga 2 yang memenuhi slot pemain asing mereka yakni Bekasi City, Persiba, Persijap serta Sriwijaya FC.

Tak cuma pemain asing yang berkualitas, para klub Liga 2 juga menggaet para pelatih tenar Tanah Air yang pernah rasakan gelar juara.

Berikut INDOSPORT merangkum daftar pelatih eks juara Liga Indonesia yang kini berkarier di Liga 2 musim 23/24:

Djadjang Nurdjaman
Nama pertama adalah Djadjang Nurdjaman. Pelatih asal Majalengka ini punya perjalanan karier cukup mentereng di kompetisi sepak bola Indonesia.

Puncaknya adalah membawa Persib Bandung meraih gelar Liga Super Indonesia (LSI) pada tahun 2014 silam.

Pada saat itu, Persib racikan Djadjang Nurdjaman sukses mengalahkan Persipura Jayapura di partai final lewat adu penalti (3-5).

Selain juara ISL, beberapa prestasi yang pernah ditorehkan Djadjang Nurdjaman adalah runner up Liga 2 dengan PSMS Medan serta runner up Piala Presiden bersama Persebaya.

Untuk musim 23/24 nanti, Djadjang Nurdjaman akan tampil di Liga 2 dan akan membantu Persela Lamongan kembali ke kasta teratas Liga Indonesia.

Kas Hartadi
Berikutnya ada Kas Hartadi. Mantan pemain Krama Yudha Tiga Berlian ini pernah membawa klub asal Sumatera Selatan, Sriwijaya FC berjaya di kompetisi Liga Indonesia.

Menukangi Sriwijaya FC sejak pada tahun 2011, pelatih berusia 52 tahun ini sukses hantarkan Laskar Wong Kito rajai Liga Super Indonesia dengan perolehan 79 angka.

Sriwijaya besutan Kas Hartadi saat itu mampu unggul 11 poin dari Persipura yang jadi pesaing terdekat.

Di musim depan, Kas Hartadi akan membuktikan kembali kejeniusannya dengan berusaha membawa PSIM Yogyakarta amankan tiket promosi.

Nilmaizar
Jika dua nama sebelumnya adalah pemenang kasta teratas Liga Indonesia di era Liga Super, maka dua nama berikut ini adalah pelatih yang pernah jadi raja sepak bola nasional di jaman LPI serta Liga Bank Mandiri.

Mulai dari Nilmaizar yang merupakan pelatih tenar asal Payakumbuh dan sukses membawa Semen Padang menjuarai Indonesian Premier League musim 2011/12.

Pada saat itu, Nilmaizar menghantarkan Semen Padang memuncaki IPL dengan keunggulan delapan dari Persebaya sebagai runner up.

Di gelaran Liga 2 nanti, Nilmaizar resmi menjadi pelatih kepala Persiba Balikpapan setelah menggantikan posisi Ilham Romadhona.

Jaya Hartono
Terakhir ada Jaya Hartono. Pelatih asal Medan ini berhasil membawa Persik Kediri menjuarai Liga Indonesia di era perdana Liga Bank Mandiri tahun 2003 lalu.

Bersama Persik Kediri, Jaya Hartono sukses membawa Macan Putih unggul lima poin dari PSM Makassar yang jadi pesaing terdekat.

Kini, Jaya Hartono bakal menukangi Sulut United di Liga 2 23/24 yang sekaligus jadi musim comebacknya di dunia kepelatihan setelah tahun 2022 lalu menjabat sebagai direktur teknik Persak Kebumen.