In-depth

Menakar Akal Sehat Chelsea Gaet Robert Sanchez Selaku Kiper ke-3 Brighton

Jumat, 4 Agustus 2023 06:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Tony Obrien
Menakar akal sehat raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, yang menggaet Robert Sanchez selaku kiper ketiga dari Brighton. Copyright: © REUTERS/Tony Obrien
Menakar akal sehat raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, yang menggaet Robert Sanchez selaku kiper ketiga dari Brighton.

FOOTBALL265.COM – Menakar akal sehat raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, yang menggaet Robert Sanchez selaku kiper ketiga dari Brighton.

Chelsea dikabarkan telah mencapai kata sepakat dengan Brighton untuk menggaet Robert Sanchez di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Kiper berusia 25 tahun itu didatangkan dengan biaya transfer total 25 juta poundsterling (Rp481 miliar), dengan rincian 20 juta poundsterling sebagai biaya dan 5 juta poundsterling sebagai bonus.

Kedatangannya sendiri dimaksudkan tim berjuluk The Blues itu untuk mengisi pos yang ditinggalkan Edouard Mendy, yang telah bergabung Al Ahli beberapa waktu lalu.

Selain itu, kiper asal Spanyol itu diproyeksikan oleh Chelsea sebagai kompetitor kompatriotnya sendiri, yakni Kepa Arrizabalaga.

Transfer Robert Sanchez ke Chelsea pun bisa dikatakan cukup membingungkan, setidaknya bagi sang pelatih, Mauricio Pochettino, yang justru merasa cukup dengan Kepa Arrizabalaga.

Apalagi, Sanchez didatangkan dengan harga total Rp481 miliar. Harga tersebut terbilang mahal untuk pemain yang berstatus kiper ketiga dari Brighton di musim 2022/2023 lalu.

Terlebih lagi jika melihat statistik yang dimiliki oleh Kepa Arrizabalaga dan Sanchez, setidaknya di seluruh ajang pada musim 2022/2024 lalu.

© DataMB
Statistik Kepa Arrizabalaga dan Robert Sanchez. (Foto: DataMB) Copyright: DataMBStatistik Kepa Arrizabalaga dan Robert Sanchez. (Foto: DataMB)

Terlihat dari radar yang dinukil dari DataMB di atas, Kepa unggul di segala sektor, kecuali di bagian Exits atau keberanian dan kemampuan bertahan di luar area penjaga gawang.

Memang catatan itu tak menggambarkan betul kualitas Sanchez secara keseluruhan. Pasalnya, ia juga punya menit bermain yang minim.

Apalagi di musim lalu, Sanchez tercatat hanya bermain sebanyak 23 kali, dibandingkan dengan Kepa yang bermain sebanyak 39 kali di berbagai ajang.

Tapi, jumlah penampilan itu cukup untuk membuktikan kualitas Robert Sanchez yang ternyata jauh lebih buruk dari Kepa Arrizabalaga di Chelsea. Tak percaya? Berikut ulasannya berdasarkan angka.