In-depth

Daftar Klub Yoyo di Liga 2 yang Baru Promosi Sebentar Lalu Degradasi Lagi

Selasa, 8 Agustus 2023 13:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Semen Padang
Skuad Semen Padang. Copyright: © Semen Padang
Skuad Semen Padang.

FOOTBALL265.COM – Meski berhasil dapatkan tiket promosi namun peforma sejumlah klub Liga 2 berikut jauh dari kata memuaskan dan harus kembali degradasi pada akhir musim. Siapa sajakah mereka?

Sejak era Liga 1 bergulir pada tahun 2017 silam, telah banyak kejutan yang terjadi dan jadi catatan sejarah buat para tim peserta.

Bhayangkara FC misalnya, klub yang bermarkas di stadion Patriot Candrabhaga tersebut berhasil jadi pemenang perdana kasta teratas sepak bola Indonesia di era Liga 1.

Di musim yang sama pula, Semen Padang, Persiba serta Persegres jadi tiga pertama yang resmi terdegradasi ke kasta kedua Liga Indonesia alias Liga 2.

Persegres bahkan jadi tim yang paling apes, lantaran hanya mampu mengoleksi 7 poin sepanjang tampil di Liga 1 2017.

Jumlah tersebut membuat Persegres jadi tim Liga 1 yang paling sedikit meraup poin dalam tujuh tahun terakhir.

Sementara itu di Liga 2, Persebaya, PSMS serta PSIS jadi tim pertama yang berhasil mengamankan tiket promosi ke Liga 1.

Sepanjang gelaran Liga 1, ternyata tak banyak tim promosi yang bertahan di kasta teratas Indonesia. Bahkan ada beberapa klub yang langsung kembali degradasi di akhir kompetisi.

Lantas siapa sajakah klub dengan performa yoyo tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkum serta mengulas:

Semen Padang
Klub pertama adalah Semen Padang. Meski jadi tim pertama yang degradasi dari Liga 1 pada tahun 2018, namun skuat Kabau Sirah langsung bisa bangkit dan dapat tiket promosi di musim berikutnya.

Semen Padang kembali naik ke Liga 1 usai menjadi runner up Liga 2 musim 2018. Pada partai final, anak asuh Syafrianto Rusli tersebut kalah dari 0-2 dari PSS Sleman.

Sayangnya meski berhasil promosi ke Liga 1 2019, pada akhir musim Semen Padang malah kembali degradasi ke Liga 2 setelah finish di urutan 17 dengan raihan 32 poin.

Kalteng Putra
Berikutnya ada Kalteng Putra. Tim asal Kalimantan Tengah ini pernah rasakan kompetisi tertinggi Liga Indonesia pada tahun 2019.

Saat itu, Kalteng Putra mendapat tiket promosi ke Liga 1 setelah finish di peringkat tiga Liga 2 2018.

Setelah promosi ke Liga 1, kiprah Kalteng Putra tak bertahan lama lantaran mereka langsung kembali degradasi ke Liga 2 usai mengakhiri musim di posisi juru kunci.

PSMS Medan
Satu lagi tim asal Sumatera yang punya nasib apes di Liga 1 yakni PSMS Medan. Skuat berjuluk Ayam Kinantan tersebut jadi wakil pertama di edisi Liga 2 yang mendapat tiket promosi tahun 2017.

Namun pada akhir kompetisi, PSMS Medan finish di dasar klasemen dengan raihan 34 poin dan harus kembali tampil di kasta kedua Liga Indonesia.

Persiraja
Terakhir adalah Persiraja. Skuat berjuluk Laskar Rencong ini berhasil mendapat tiket promosi ke Liga 1 dengan status peringkat ketiga Liga 2 2019.

Pada Liga 1 2020, Persiraja masih aman di kasta teratas Liga Indonesia lantaran kompetisi berhenti akibat pandemi.

Akan tetapi setelah Liga 1 kembali bergulir di musim 2021, Persiraja langsung terdegradasi setelah jadi juru kunci dengan raihan 13 poin.