In-depth

Daftar Eks Timnas Indonesia saat Final Piala AFF 2010 yang Main di Liga 2 Musim Depan

Rabu, 9 Agustus 2023 12:01 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Getty Images
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Bambang Pamungkas usai taklukan Thailand di Piala AFF 2010. Copyright: © Getty Images
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Bambang Pamungkas usai taklukan Thailand di Piala AFF 2010.

FOOTBALL265.COM – Kehadiran para bintang Timnas Indonesia di final Piala AFF 2010 berikut bakal ramaikan kompetisi Liga 2 musim depan. Siapa sajakah mereka?

Di final Piala AFF 2010 lalu, Timnas Indonesia tampil baik dan berhasil melangkah ke partai final keempat mereka dalam sejarah.

Skuat Timnas Indonesia yang dilatih Alfred Riedl, tak terkalahkan selama babak penyisihan grup dengan torehkan tiga kemenangan beruntun kontra Malaysia, Laos sert Thailand.

Pada babak knock out, Timnas Indonesia juga mampu raih kemenangan ketika menghadapi skuat naturalisasi Filipina dalam dua leg pertemuan.

Akan tetapi di partai final, Timnas Indonesia yang sejatinya diunggulkan untuk raih trofi perdana malah tumbang dari Malaysia.

Di leg pertama saat tampil tandang, skuat Garuda 3-0. Sedangkan pada leg kedua yang berlangsung di Jakarta, tim Merah Putih hanya bisa menang tipis 2-1.

Kini setelah hampir sepuluh tahun berlalu, ternyata hampir sebagian penggawa Timnas Indonesia saat jadi runner up Piala AFF 2010 masih tetap aktif bermain.

Dengan usia yang cukup senior, para eks Timnas Indonesia tersebut kini bersaing di Liga 2 dan bakal membantu timnya raih tiket promosi.

Berikut INDOSPORT merangkum, daftar pemain Timnas Indonesia di final Piala AFF 2010 yang akan ramaikan Liga 2 musim depan.

Beny Wahyudi
Nama pertama adalah Beny Wahyudi. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap ini merupakan salah langganan Timnas Indonesia yang cukup sering berseragam Merah Putih.

Tercatat, pemain yang kini berusia 37 tahun tersebut sudah mengoleksi 27 caps buat Timnas Indonesia sejak pertama kali debut pada 2010 lalu.

Musim ini, Beny Wahyudi bakal tampil di Liga 2 dan akan memperkuat Deltras Sidoarjo bersama eks Timnas Indonesia lain seperti Rendi Irwan.

Muhammad Roby
Salah satu jantung pertahanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 ini juga sempat jadi langganan skuat Garuda di berbagai ajang.

Sebelum membantu Timnas Indonesia raih runner up Piala AFF 2010, M Robby lebih dulu sukses hantarkan Merah Putih menang di ajang Indonesian Independence Cup tahun 2008.

Di musim depan, bek berusia 37 tahun itu akan tampil bersama klub asal Kalimantan yakni Persiba Balikpapan.

Ahmad Bustomi
Gelandang mungil yang tak kenal lelah ini merupakan salah satu andalan pelatih Alfred Riedl selama gelaran Piala AFF 2010.

Sempat absen akibat cedera, kini Ahmad Bustomi yang berusia 38 tahun akan coba peruntungan di Liga 2 dengan memperkuat Persikab Bandung.

Arif Suyono
Striker yang selalu jadi supersub di Timnas Indonesia ini punya rekam jejak cukup apik selama berseragam skuat Garuda.

Sejak pertama kali debut tahun 2008 lalu, Arif Suyono tercatat sudah bermain dalam 21 pertandingan dan mencetak empat gol di semua ajang.

Untuk musim depan, pemain berjuluk Keceng tersebut akan tampil bersama klub asal Jawa Tengah, Persekat Tegal.

Yongki Aribowo
Terakhir adalah Yongki Aribowo. Striker kelahiran Tulungagung ini jadi salah satu alternatif lini serang Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 selain Irfan Bachdim dan Bambang Pamungkas.

Meski statistiknya tak terlalu mentereng, namun Yongki Aribowo cukup sering mendapat panggilan ke Timnas Indonesia dengan 7 caps sejak tahun 2010 lalu.

Musim depan, Yongki Aribowo akan tampil bersama klub asal Jawa Barat, PSKC Cimahi.