Liga 1

Hasil Liga 1: Persija Jakarta vs Borneo FC Berakhir Antiklimaks 1-1

Rabu, 9 Agustus 2023 21:01 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
© FOOTBALL265.COM/Herry Ibrahim
Bek Persija Jakarta, Hansamu Yama berupaya untuk menyapu bola dari kaki pemain Borneo FC di Liga 1. Copyright: © FOOTBALL265.COM/Herry Ibrahim
Bek Persija Jakarta, Hansamu Yama berupaya untuk menyapu bola dari kaki pemain Borneo FC di Liga 1.

FOOTBALL265.COM - Hasil pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persija Jakarta vs Borneo FC berakhir dengan skor 1-1. Macan Kemayoran berbagi poin dengan Pesut Etam.

Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (09/08/23), Persija Jakarta gagal tuntaskan banyak peluang menjadi gol, sehingga aharus puas meraih satu poin.

Borneo FC unggul lebih dulu di menit ke-13 lewat skema tendangan bebas Stefano Lilipaly yang berhasil diblok barisan pertahanan Persija, namun bola rebound jatuh di kaki Lilipaly.

Mudah saja baginya untuk mengontrol bola dengan sepakan keras ke gawang Macan Kemayoran, apalagi pergerakan Hanif Sjahbandi menghalangi vision Andritany Ardhiyasa.

Ketinggalan satu gol membuat tuan rumah terpecut. Persija mulai mencatat peluang demi peluang dari Ryo Matsumura, Rio Fahmi, dan Riko Simanjuntak.

Umpan matang Hanif Sjahbandi dieksekusi oleh Rio Fahmi ke tiang jauh, melewati kawalan Nadeo Argawinata. Hanya saja Riko Simanjuntak terlambat lakukan finishing.

Namun, kerja keras Persija Jakarta akhirnya terbayar saat Ryo Matsumura mendapat jatah tendangan bebas di menit ke-36. Bola melambung ke area pertahanan Borneo FC.

Nadeo Argawinata coba keluar menjemput bola, tetapi bola lebih dulu disundul oleh Silverio Silva, dan kemudian jatuh ke jangkauan pemain jangkung Persija, Ondrej Kudela.

Bek berpaspor Ceko itu menyundul bola ke depan gawang. Rizky Ridho yang tanpa kawalan langsung menuntaskan bola menjadi gol. Skor imbang 1-1 di babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Persija Jakarta lebih banyak menyerbu pertahanan Borneo FC. Pesut Etam mulai terancam usai Diego Michiels dan Felipe Cadenazzi dikartu kuning.

Melihat kans tersebut, Thomas Doll langsung memasukkan kartu AS mereka, Witan Sulaeman. Ditambah dengan potensi cedera Matsumura, Marko Simic akhirnya turun gunung.

Persija terus melakukan pressing, namun hingga menit ke-70 belum ada gebrakan ciamik. Kabar buruk bagi kubu Macan Kemayoran saat Firza Andika alami keram dan ditarik keluar.

Stefano Lilipaly juga ditarik keluar, sehingga ada penyegaran bagi Borneo FC dengan hadirnya Muhammad Sihran dan Taufany Muslihuddin. PR Persija Jakarta makin berat.

Sepuluh menit akhir jadi momentum panas Persija. Oliver Bias kirimkan umpan pada Riko, tetapi bola atas darinya gagal disambut Marko Simic di depan gawang.

Pemain pengganti Rayhan Hannan ikut mencatatkan peluang, tetapi lagi-lagi Nadeo Argawinata sigap di bawah mistar gawang Borneo FC.

Memasuki babak injury time, Fajar Fathur tak sengaja mengirim back pass pada Nadeo Argawinata dan diambil dengan tangan, namun wasit menganggap itu pelanggaran.

Wasit menunjuk tendangan bebas tidak langsung dalam kotak penalti, sangat dekat dari gawang. Naas, tendangan Simic masih melambung berkat blokade Sihran.

Tak ada tambahan gol di babak kedua, skor akhir 1-1 untuk kedua tim. Hasil ini membuat Persija Jakarta naik ke posisi ketiga klasemen, dan Borneo FC tertahan di peringkat 9.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta (3-5-2): Andritany Ardhiyasa (GK); Rizky Ridho, Ondrej Kudela, Hansamu Yama; Rio Fahmi, Hanif Sjahbandi, Resky Fandi, Maciej Gajos, Firza Andika; Riko Simanjuntak, Ryo Matsumura.

Pelatih: Thomas Doll

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Argawinata (GK); Diego Michiels, Leo Lelis, Silverio Silva, Fajar Fathur Rahman; Kei Hirose, Hendro Siswanto, Adam Alis; Stefano Lilipaly, Felipe Cadenazzi, Terens Puhiri.

Pelatih: Pieter Huistra.