In-depth

Head to Head Marco Carnesecchi vs Mattia Perin Jadi Nomor 1 Juventus Gantikan Szczesny

Selasa, 15 Agustus 2023 07:00 WIB
Editor: Juni Adi
© Instagram@carnesecchimarco
Kiper Italia, Marco Carnesecchi. (Foto: Instagram@carnesecchimarco) Copyright: © Instagram@carnesecchimarco
Kiper Italia, Marco Carnesecchi. (Foto: Instagram@carnesecchimarco)

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Italia (Serie A), Juventus bakal dipusingkan dengan persoalan mencari kiper utama antara Marco Carnesecchi dan Mattia Perin untuk gantikan Wojciech Szczesny yang bisa menuju Bayern Munchen.

Di sisa waktu bursa transfer musim panas ini semakin dimanfaatkan oleh seluruh klub Eropa untuk menggaet pemain baru, guna memperkuat tim mereka jelang musim depan.

Salah satunya adalah Bayern Munchen. Tim besutan Thomas Tuchel itu sedang aktif mencari tambahan kiper, menyusul kepergian Yann Sommer ke Inter Milan.

Meski Sommer cuma kiper pilihan kedua di Bayern Munchen, tetapi kepergiannya tetap perlu pengganti karena tidak ada pelapis bagus untuk Manuel Neuer di stok kiper saat ini.

Nama penjaga gawang Juventus, Wojciech Szczesny pun masuk dalam radar mereka. Kontrak pemain asal Polandia itu sendiri masih menyisakan dua musim lagi hingga Juni 2025. Tetapi Juve terbuka untuk menjual.

Untuk mengantisipasi kepergian Szczesny, Juventus membuka peluang untuk merekrut kiper baru juga, pemain Atalanta, Marco Carnesecchi masuk dalam bidikan.

Sebenarnya saat ini ada dua kiper pelapis yang bisa jadi pilihan pelatih Massimiliano Allegri dalam menentukan kiper utama jika Szczesny hengkang, mereka adalah Mattia Perin dan Carlo Pinsoglio.

Namun hanya Mattia Perin yang kemampuannya lebih layak dipertimbangkan Allegri jadi kiper utama Juventus musim depan, ketimbang Pinsoglio.

Tetapi jika Bianconeri berhasil mendaratkan Carnesecchi, maka Perin akan dapat pesaing sepadan. Lantas siapa yang layak jadi kiper nomor satu Juventus dari persaingan keduanya?

Sebelum melihat perbandingan kemampuan mereka, mari kita berkenalan dahulu dari sosok keduanya. Mattia Perin merupakan pemain asli didikan akademi Genoa sejak tahun 2008.

Tetapi baru bisa menembus tim utama pada 2011. Akan tetapi ia kesulitan menembus starting XI sehingga dipinjamkan ke Padova.

Sekembalinya ke Genoa, Mattia Perin berharap kemampuannya mulai berkembang dan bisa jadi pilihan utama. Sayang, ia masih juga kesulitan hingga tetap jalani masa pinjaman sampai tahun 2013.

Setelah itu, ia pun dicoba untuk jadi kiper utama Genoa. Ternyata ia tampil memikat hingga akhirnya perlahan jadi kiper pilihan pertama menyingkirkan beberapa nama senior.

Pada musim panas tahun 2018, bakat Mattia Perin dilirik Juventus untuk jadi sukseor Gianluigi Buffon yang memutuskan untuk hengkang. Si Nyonya Tua memboyong dengan harga 15 juta euro dari Genoa.

Bergabungnya Mattia Perin maka melanjutkan tradisi kiper Italia di Juventus saat itu. Sebelum Buffon, ada Angelo Peruzzi yang pernah mengawal gawang Juventus.

Di Genoa ia telah tampil dalam 204 pertandingan, dan mencatatkan 59 cleansheet serta sudah kebobolan 266 gol di semua ajang.