Liga 1

Peluang Besar Jajang Mulyana Temani Elias Dolah Hadapi Lee Man FC di Hongkong

Rabu, 16 Agustus 2023 08:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Bali United
Bek Bali United, Jajang Mulyana. Foto: Bali United Copyright: © Bali United
Bek Bali United, Jajang Mulyana. Foto: Bali United

FOOTBALL265.COM - Bek asal Jawa Barat, Jajang Mulyana, kemungkinan besar dipilih menemani Elias Dolah saat Bali United melawan Lee Man FC di Hongkong Stadium, Rabu (16/8/23).

Satu tiket ke playoff east region Liga Champions Asia 2023-2024 siap diperjuangkan oleh Bali United yang berstatus juara Liga 1 musim lalu.

Bali United dan Lee Man FC sebenarnya sama-sama tak dijagokan untuk lolos ke babak utama ajang ini. Pasalnya, tim pemenang dari preliminary stage ini akan bersua wakil Jepang, Urawa Red Diamonds.

Urawa Red bukan tim sembarangan. Mereka harus melalui tahap playoff karena regulasi terbaru dari AFC. Padahal, Urawa Red berstatus juara bertahan Liga Champions Asia.

Lebih sulit lagi, laga playoff nanti akan berlangsung di Saitama Stadium, markas dadi Urawa Red. Namun, Bali United dan Lee Man FC coba memburu keajaiban dengan melewati preliminary stage ini.

Bali United lebih diunggulkan untuk lolos, meski dari segi peringkat kompetisi maupun status tuan rumah jadi milik Lee Man FC. Salah satu perbedaan mencolok adalah Bali United sudah melakoni 8 laga domestik, sementara Lee Man FC hanya bermodal latihan tiga pekan di Korea Selatan.

Jelas para pemain Bali United sudah dalam kondisi prima serta merasakan atmosfer kompetisi. Namun begitu, hal ini juga bergantung pada performa dari tim Bali United sendiri. Salah satu perbedaan adalah absennya I Kadek Arel Priyatna.

Ya, meski pemain ini baru berusia 18 tahun, Kadek Arel sudah jadi pilar penting bek tengah. Ia punya chemistry dengan Elias Dolah karena selalu bermain dalam delapan pertandingan di Liga 1 2023/2024. 

Jajang Mulyana kemungkinan besar akan dipilih sebagai penggantinya. Di Liga 1 musim ini, Jajang menjadi bek tengah peringkat tiga dengan total menit bermain tertinggi setelah Elias Dolah dan Kadek Arel.

Terkait situasi ini, Jajang Mulyana menyatakan kesiapannya untuk bermain, meski tim merasakan kelelahan. Jajang menegaskan Bali United punya motivasi tinggi untuk melaju ke fase berikutnya menantang Urawa Red.

"Perjalanan yang sangat melelahkan, kami berangkat dari Bali jam lima sore (Minggu) sampai di sini (Hongkong) jam delapan pagi (Senin)," kata Jajang Mulyana.

"Semoga lelah ini menjadi berkah dan kita dapat oleh-oleh dari Hong Kong kemenangan. Jangan lupa dukungan dari Semeton buat Bali United FC, Jaya," lanjut Jajang Mulyana.

Pilihan sektor bek kanan juga tak kalah menarik untuk dinantikan. Bali United punya Novri Setiawan dan I Made Andhika Wijaya yang sama-sama punya kualitas bagus.

Ada kans untuk memainkan kedua nama ini secara bersamaan. Andhika Wijaya menjadi bek kanan dan Novri Setiawan jadi gelandang sayap kanan, karena Yabes Roni Malaifani masih cedera. 

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, masih akan melihat kondisi para pemain. Teco mengaku tak punya banyak waktu untuk bersiap secara spesifik karena Bali United juga punya jadwal di Liga 1 2023-2024.

Namun, ia senang dengan kondisi lapangan dari Hongkong Stadium. Ia juga memastikan tak masalah dengan cuaca yang ada di Hongkong, karena sudah terbiasa dengan cuaca yang lebih panas di Indonesia. 

"Kami sudah siap dan punya motivasi untuk menjalani pertandingan ini," tutur Teco.

Teco ingin Bali United bisa melaju ke babak utama Liga Champions Asia 2023-2024. Satu tiket dari Bali United akan membuat sepak bola Indonesia punya peluang lebih besar dalam berprestasi di Asia.

Jika Bali United lolos ke babak utama Liga Champions Asia, Indonesia akan puny satu tiket tambahan di Piala AFC 2023-2024. Tiket ini sedang ditunggu tim Ibu Kota, Persija Jakarta.

"Saat ada tiga tim yang punya peluang buat main di Sia, pasti ini lebih bagus buat negara ini. Mudah-mudahan kita bisa lolos buat Persija bisa masuk (kompetisi Asia)," tegas Teco.

Laga ini akan digelar pada pukul 19.00 waktu Hongkong atau 18.00 WIB. Laga ini disiarkan via streaming berbayar di laman resmi tv.on.cc.