In-depth

Ryan Gravenberch Dibidik Man United, Bisakah Ten Hag Bangkitkan Performa Mantan Murid?

Jumat, 18 Agustus 2023 11:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© DeFodi Images via Getty Images
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, membidik mantan anak asuh Erik ten Hag, Ryan Gravenberch, dari Bayern Munchen. Copyright: © DeFodi Images via Getty Images
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, membidik mantan anak asuh Erik ten Hag, Ryan Gravenberch, dari Bayern Munchen.

FOOTBALL265.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, membidik mantan anak asuh Erik ten Hag, Ryan Gravenberch, dari Bayern Munchen.

Kabar ini beredar luas seiring kebutuhan Manchester United akan gelandang baru, usai Ryan Gravenbech tak lagi masuk skema Bayern Munchen.

Semula, nama Gravenberch dikabarkan menjadi bidikan Liverpool. Tapi, pemain berusia 21 tahun tersebut enggan bergabung The Reds.

Gravenberch justru lebih memilih bergabung Man United jika memang harus pindah dari Bayern Munchen di musim panas ini.

Keinginan itu mendapat sambutan, setelah kedua klub tengah berdiskusi mengenai harga mantan penggawa Ajax Amsterdam tersebut.

Dengan keinginannya bergabung Manchester United, Erik ten Hag selaku pelatih pun akhirnya bisa bereuni dengan Ryan Gravenberch.

Sebagai informasi, keduanya sempat bekerjasama di Ajax. Bahkan, Ten Hag adalah sosok yang mempromosikan Gravenberch ke tim utama De Godenzonen.

Pelatih asal Belanda tersebut mempromosikan Gravenberch ke tim utama sejak musim 2018/19, atau saat dirinya masih berusia 16 tahun.

Secara perlahan, Ten Hag mampu membuat Gravenberch menjadi salah satu gelandang muda terbaik di dunia yang diminati banyak klub dengan 12 gol dan 13 assist dari 103 laga.

Catatan itu membuat Gravenberch dipinang Bayern Munchen pada musim panas 2022 dengan biaya 18,5 juta euro. Sayangnya, kepindahan ini tak berakhir mulus.

Gravenberch lebih banyak menghuni bangku cadangan di era Julian Nagelsmann maupun Thomas Tuchel dan kerap turun sebagai pelapis.

Karenanya, Manchester United pun berniat mendatangkan Ryan Gravenberch ke Old Trafford. Tapi apakah Erik ten Hag bisa membuat mantan anak asuhnya itu bersinar lagi?