In-depth

Bedah Formasi Timnas Italia Bersama Luciano Spalletti: Gli Azzurri Siap Menggila

Sabtu, 19 Agustus 2023 14:37 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Reuters/Alberto Lingria
Luciano Spalletti, pelatih Napoli. Foto: REUTERS/Alberto Lingria Copyright: © Reuters/Alberto Lingria
Luciano Spalletti, pelatih Napoli. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

FOOTBALL265.COM – Era baru Timnas Italia akan dimulai dengan ditunjuknya Luciano Spalletti sebagai pelatih baru menggantikan Roberto Mancini. Sejumlah perubahan pun bakal dirasakan skuad Gli Azzurri.

Melansir dari Football Italia, FIGC mengkonfirmasi pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Roberto Mancini sebagai pelatih Timnas Italia pada hari Sabtu (12/08/23) kemarin.

Dengan demikian, berakhir sudah era Roberto Mancini memimpin Gli Azzurri yang dimulai sejak Mei 2018 silam hingga UEFA Nations League 2023.

“Federasi mengumumkan menerima pengunduran diri Roberto Mancini sebagai pelatih tim nasional Italia, yang diterima kemarin malam,” demikian bunyi pernyataan resmi FIGC.

“Sebuah halaman penting dalam sejarah Azzurri berakhir, yang dimulai sejak Mei 2018 dan berakhir dengan Final Liga Bangsa-Bangsa 2023,” lanjut pernyataan tersebut.

Roberto Mancini mundur dari jabatannya hanya berselang sebulan jelang matchday kelima Kualifikasi Euro 2024 Timnas Italia yang akan digelar pada September mendatang.

Hanya berselang kurang dari sepekan, induk sepak bola Italia pun sudah menemukan sosok pengganti Roberto Mancini dengan menunjuk eks allenatore Napoli musim lalu, Luciano Spalletti.

Masih dari keterangan FIGC, disebutkan bahwa Luciano Spalletti akan menangani Timnas Italia hingga tiga tahun mendatang atau sampai tahun 2026.

Nantinya, Allenatore berusia 64 tahun itu akan segera mulai bekerja pada 1 September 2023 hingga berakhirnya gelaran Piala Dunia 2026.

Setelah resmi ditukangi Luciano Spalletti, perubahan pun bakal dirasakan Timnas Italia terutama dari segi taktikal dan diprediksi akan membuat Gli Azzurri makin perkasa: