Liga 1

Arthur Irawan Ngamuk dan Curigai Wasit usai Persik Kediri Digilas Barito Putera

Senin, 21 Agustus 2023 10:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Persik Kediri
Aksi pemain Persik Kediri, Miftahul Hamdi saat dikejar pemain Barito Putera (Foto: Media Officer Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Aksi pemain Persik Kediri, Miftahul Hamdi saat dikejar pemain Barito Putera (Foto: Media Officer Persik Kediri)

FOOTBALL265.COM - Arthur Irawan ngamuk tidak terima saat Persik Kediri digilas Barito Putera dalam laga lanjutan Liga 1 2023/24 di Kalimantan Selatan, Sabtu (19/09/23) malam. 

Persik Kediri memang berada dalam tren positif setelah sebelumnya menang 1-2 di markas PSM Makassar, imbang 1-1 kontra Bali United, dan menang 2-0 atas Persis Solo.

Namun ketika bertandang ke markas Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura, Sabtu malam, Persik Kediri kandas dengan skor 2-0 tanpa balas.

Hasil ini tak lepas dari absennya Jefinho, dan Vava Mario Yagalo yang diganjar kartu merah di babak pertama, sehingga Persik Kediri limbung usai kekurangan personel.

Barito Putera dua kali mendapat penalti dari wasit Bangkit Sanjaya, meski salah satunya berhasil ditepis oleh Kurniawan Kartika Ajie.

Lalu ketika pemain Macan Putih yang dilanggar, wasit tidak memberikan reaksi apa pun dan melanjutkan pertandingan.

Hal ini membuat Arthur Irawan mengamuk dan merasa Persik Kediri digembosi oleh wasit. Ia pun mengeluarkan uneg-uneg melalui media sosial Instagram.

"Sikutan yang diterima Mochamad Supriadi tidak dapat kartu," ungkap Arthur Irawan.

"Jelas wasit cadangan melihat, tetapi alasannya tidak bisa menyampaikan ke wasit utama karena microphone-nya rusak. Tetapi habis satu menit, tiba-tiba bisa lagi."

© Instagram @arthurirawan
Uneg-uneg Arthur Irawan saat Persik Kediri kalah dari Barito Putera (Foto: IG @arthurirawan) Copyright: Instagram @arthurirawanUneg-uneg Arthur Irawan saat Persik Kediri kalah dari Barito Putera (Foto: IG @arthurirawan)

Pada kesempatan lainnya, ada momen di mana pemain Barito Putera, Hasim Kipuw, coba hentikan permainan dengan menyentuh bola, padahal hal itu dilarang dalam law of the games.

Hasim Kipuw kemudian menunjukkan jika kepalanya berdarah cukup fatal dan darahnya terus mengalir. Ia pun mendapat perawatan medis, dan akhirnya ditarik keluar lapangan.

Aksi Hasim Kipuw itu memang menyalahi aturan, tetapi wasit tidak memberi hukuman berupa kartu padanya. Kejadian ini yang membuat Arthur Irawan geram bukan kepalang.

"Semestinya di aksi ini pemain Barito dapat kartu kuning, memberhentikan bola dengan tangan, memberhentikan permainan dengan unsur sengaja," ungkap Arthur.

"Bahkan (Hasim Kipuw) bisa kartu merah karena melakukan aksi ini sebagai last man (orang terakhir)," tambah pemain sekaligus bos Persik Kediri tersebut.

Meski begitu, Arthur tidak menyalahkan Barito Putera atas kekalahan Persik Kediri. Ia justru berharap kualitas wasit yang perlu ditingkatkan lagi.

"Bukan salah pemain atau kedua tim, tapi emang wasit yang sangat mengecewakan," tambah pemain yang akrab disapa Lord Arthur tersebut.

Kemenangan pekan ini membawa Barito Putera meroket ke posisi kedua di klasemen Liga 1 dengan 17 poin, hanya tertinggal dari Madura United yang kumpulkan 19 poin.

Sementara Persik Kediri tertahan di posisi ke-13 klasemen dengan 11 poin, berjarak dua tangga saja dari zona merah. 

Pekan Liga 1 berikutnya, Barito akan bertandang ke markas Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, sementara itu Persik Kediri akan menjamu PSIS Semarang di Stadion Brawijaya.