Liga 1

Sumbangsih Pemain Meksiko Dapat Apresiasi Khusus Pelatih Madura United

Selasa, 22 Agustus 2023 15:49 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Madura United
Selebrasi Francisco Rivera di laga Persikabo 1973 vs Madura United dalam lanjutan Liga 1. (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Selebrasi Francisco Rivera di laga Persikabo 1973 vs Madura United dalam lanjutan Liga 1. (Foto: MO Madura United)

FOOTBALL265.COM - Madura United sejauh ini menjadi tim paling sukses hampir dari segala aspek di Liga 1 2023/2024. Dari segi perolehan poin, Fachruddin Aryanto dan kolega menjadi yang terdepan.

Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab saat ini masih menduduki puncak klasemen dengan 19 poin, hasil dari 6 kali menang, 1 kali imbang dan 2 kali kalah.

Sukses lain juga diraih Madura United dari aspek produktivitas, seiring catatan 18 gol dari 9 pertandingan. Rataan mereka pun mantap, yakni 2 gol per pertandingan.

Dari catatan statistik itu, Francisco Rivera menjadi paling kontributif. Ya, gelandang serang kebangsaan Meksiko ini memberi sumbangsih besar terhadap tim.

Rivera tak pernah absen dalam 9 laga yang dilakoni Madura united. Sejauh ini dia juga jadi memberi kontribusi penting melalui 4 gol dan 3 assist.

"Anda semua lihat sendiri, Francisco Rivera konsisten bermain bagus," ucap Pelatih Madura United, Mauricio Souza pasca kemenangan 3-0 atas Persikabo Sabtu (19/08/23).

Souza bahkan memberi apresiasi secara khusus terhadap satu dari 6 pemain asingnya itu. Dari segi teknis, Rivera sejauh ini punya karakter yang klop dengan skemanya.

"Dia punya banyak cara untuk menerapkan passing dan dribbling yang bagus. Masuk ke kotak penalti dan berusaha cetak gol," Mauricio Souza mengulas.

Karakter itulah yang membuat peran Rivera begitu menonjol di skuat Madura United. Tipikal permainan yang tentu berbeda dibanding Lulinha ataupun Jaja.

"Kami selalu berikan kebebasan kepada semua pemain termasuk Rivera, membantu tim secara maksimal. Itu bisa terjadi karena mereka berkualitas tinggi," tandas Souza.

Menyatu dengan Tim

Satu poin plus yang dilihat Mauricio Souza terhadap Francisco Rivera, adalah kemampuannya dalam berintegrasi dengan skema permainan tim.

Secara individual, jelas tidak ada yang meragukan kualitas eks pemain C.F America yang memenangi trofi Liga Champions Concacaf musim 2015 dan 2016 tersebut.

Poin plusnya, keunggulan secara individu itu kemudian bisa menyatu dengan tim. Tidak menonjol sendiri sebagaimana pemain-pemain asing di sebuah tim lainnya.

"Rivera sejauh ini memang membantu tim. Tapi secara kolektif, kerja satu tim ini juga ikut membantu dia," ungkap Pelatih Madura United asal Brasil tersebut.

"Setiap pemain mengeluarkan kemampuan secara kolektif, organisasi pun kuat, sehingga dia potensial untuk mencapai performa saat ini," sambung dia.

Kendati demikian, tugas Francisco Rivera dan Madura United akan jauh lebih berat dalam mengatasi tekanan untuk terus konsisten dalam mencapai hasil positif.

Tantangan itu hadir kembali ketika tim bermain di hadapan suporter. Pada jadwal pekan ke-10 Liga 1, Madura United akan menjamu Bhayangkara FC Jumat (25/08/23).

Kemenangan tentu jadi target utama. Tak cuma mempertahankan puncak klasemen, tapi 3 poin juga akan menjaga keangkeran markas Madura United selama 4 laga kandang di Liga 1 musim ini.