In-depth

Profil Aleksandar Rakic, Bomber Mewah Liga 2 Milik PSIM Pemburu Magis Yogyakarta

Jumat, 25 Agustus 2023 20:04 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Fitra Herdian/Football265.com
Eks striker Madura United, Aleksandar Rakic yang kini bergabung dengan PSIM Yogyakarta untuk kompetisi Liga 2 2023/2024. Copyright: © Fitra Herdian/Football265.com
Eks striker Madura United, Aleksandar Rakic yang kini bergabung dengan PSIM Yogyakarta untuk kompetisi Liga 2 2023/2024.

FOOTBALL265.COM - Aleksandar Rakic memburu magis Yogyakarta lagi setelah menjadi bagian tim PSIM. Rakic menjadi nama mewah yang akan ada di Liga 2 2023-2024. Siapa sebenarnya bomber Serbia ini? Inilah profil Aleksandar Rakic.

Aleksandar Rakic sejatinya bukan nama baru di sepak bola Indonesia. Rakic pernah mencuri perhatian pada Liga 1 2018 lalu ketika membela PS Tira yang bermarkas di Yogyakarta, tepatnya Stadion Sultan Agung Bantul.

Rakic yang memiliki tinggi 182 sentimeter sangat kuat dalam screening ball. Selain itu, Rakic juga punya sepakan dan sundulan yang terarah.

Pada akhirnya Rakic menjadi top skor Liga 1 2018 dengan catatan 21 gol dari 34 penampilan. Performa menawan itulah yang membuat Rakic pindah ke Madura United setelah menerima tawaran gaji berlipat-lipat.

Hanya saja, ketajaman Rakic bersama Madura United merosot tajam, meski tetap mencetak dua digit. Rakic hanya mencetak 12 gol dari 29 pertandingan atau dibawah rekan setimnya, Beto Goncalves, yang mencetak 18 gol.

Pesona Rakic sebenarnya tak luntur meski catatan golnya menurun bersama Madura United. Meski sempat ke Bosnia and Herzegovina ketika pandemi Covid-19, Rakic kembali ke Indonesia saat Liga 1 2021-2022 berjalan.

Rakic mencetak 5 gol dan satu assist dalam 17 pertandingan bersama Barito Putera. Setelah itu, pada putaran kedua Rakic mencetak 4 gol dan tiga assist dalam 11 penampilan bersama Persikabo.

Persikabo 1973 sempat dikira sebagai tim terakhir yang dibela Aleksandar Rakic di Indonesia. Namun ternyata, sejarah datang ketika Rakic menyetujui tawaran yang diberikan tim Liga 2, PSIM.

Kejar Magis Yogyakarta

Rakic yang kini sudah berusia 36 tahun bisa dibilang berada dalam penghujung karir sebagai pesepakbola. Rakic pun kembali ke Yogyakarta setelah membela klub Liga 2 Serbia, FK Indjija.

Rakic tampaknya ingin kembali mengejar magis Yogyakarta, seperti ketika menjadi top skor Liga 1 2018 bersama PS Tira. Demi mengejar magis ini, Rakic rela kembali ke Indonesia untuk bermain di Liga 2.

Rakic tak merasa keberatan ketika harus turun ke kasta kedua. Selama berkarir di Indonesia, Rakic turut memantau tim kasta kedua, salah satunya PSIM Yogyakarta.

Pengalaman semusim berada di Yogyakarta membuat Rakic bersama keluarganya tak perlu kesulitan beradaptasi. Rakic bisa mengamuk lagi bersama PSIM di Liga 2 2023-2024.

"PSIM adalah klub besar dengan suporter yang keren. Saya sangat senang karena saya sampai di sini. Saya harap kita memiliki musim yang baik dan bisa promosi ke Liga 1," kata Aleksandar Rakic.

PSIM memberi harapan agar Rakic gampang mencetak gol lagi. Ia dibuat kesulitan saat berseragam Radnicki Sremska Mitrovica, Backa FK dan Indija FK.

Skuat Mewah PSIM

Kehadiran Aleksandar Rakic membuat skuat PSIM bertambah mewah. Sebelum ini, mereka sudah mendatangkan banyak nama yang punya pengalaman di Liga 1.

Nama-nama tersebut adalah Bryan Cesar (eks PSM Makassar), I Nyoman Sukarja (eks Bali United), Wahyu Tri Nugroho (eks PSIS Semarang) dan Hariono (eks Bali United).

Deretan sosok itu masih ditambah nama-nama yang datang dari Dewa United bersama pelatih Kashartadi, yakni Dias Angga Putra, Jajang Sukmara, Achmad Faris dan Bhudiar Riza.

PSIM juga baru saja memperkenalkan Indra Setiawan. Bomber asal Sidoarjo ini pernah menjadi top skor Liga 2 2018 dengan torehan 29 gol.

Pelatih PSIM, Kashartadi optimis dengan skuat yang ada sekarang. Apalagi dalam uji coba terakhir, PSIM sukses menggulung PSPS Pekanbaru dengan skor telak 3-0.

"Iya, dengan kedatangan Rakic bisa menambah daya dobrak di lini depan. Akan menjadi lebih tajam," tutur Kashartadi.

Pada kompetisi Liga 2 2023-2024, PSIM tergabung di grup 2 bersama FC Bekasi City, Nusantara United, Malut United, Perserang Serang, Persikab Bandung dan PSKC Cimahi.