In-depth

Deretan Pelatih dengan Gaji Terbesar di Dunia, Bayaran Roberto Mancini Bikin Geleng-geleng

Sabtu, 2 September 2023 19:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Mantan pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane Copyright: © REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Mantan pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

FOOTBALL265.COM - Setelah mundur sebagai pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini secara mengejutkan berani mengambil resiko menjadi juru taktik tim nasional Arab Saudi.

Sebagaimana diketahui, Roberto Mancini telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Italia pada 13 Agustus 2023 lalu.

Sejak saat itu, ia dikaitkan dengan raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus. Namun, pada 27 Agustus 2023 lalu Roberto Mancini justru resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Timnas Arab Saudi.

Eks pelatih Manchester City tersebut menjadi pelatih ke-57 Arab Saudi, menggantikan juru taktik sebelumnya bernama Saad Al Shehri.

Ia telah menandatangani kontrak hingga 2027 mendatang. Alasan besar mengapa Roberto Mancini berani mengambil reskiko duduk di kursi pelatih Arab Saudi yaitu karena gaji "tak masuk akal".

Dilaporkan, Roberto Mancini mendapatkan kontrak selama empat tahun dengan gaji sekitar 30 juta euro (Rp483 miliar) per tahun. Hal itu membuatnya kini menjadi pelatih dengan gaji tertinggi di dunia.

Di bawah Roberto Mancini, ada Pep Guardiola hingga Massimiliano Allegri yang masuk ke dalam daftar enam pelatih dengan bayaran termahal di dunia. Berikut kami telah merangkumnya:

Pep Guardiola (Manchester City)

Di posisis kedua ada pelatih Manchester City yaitu Pep Guardiola. Ia diketahui mendapatkan bayaran sebesar 22 juta euro per tahun atau sekitar Rp364 miliar.

Ia menjadi pelatih dengan bayaran tertinggi kedua di dunia setelah Roberto Mancini. Kemudian di Liga Inggris, ia menempati posisi pertama sebagai pelatih termahal.

Meski begitu, bayaran mahal yang diberikan oleh Manchester City telah dibayar dengan prestasi oleh Pep Guardiola.

Selama menangani Manchester City, Pep Guardiola telah memberikan 14 trofi untuk Manchester City, termasuk treble winners pada musim 2022-2023 kemarin.