Liga Indonesia

Klub Liga 2 dapat Tambahan Subsidi Setengah Miliar dari PSSI

Minggu, 3 September 2023 11:37 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© Aldi Aulia Anwar/FOOTBALL265.COM
Exco PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan setiap klub Liga 2 2023/2024 akan mendapat bantuan subsidi langsung dari PSSI sebesar Rp500 juta. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT) Copyright: © Aldi Aulia Anwar/FOOTBALL265.COM
Exco PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan setiap klub Liga 2 2023/2024 akan mendapat bantuan subsidi langsung dari PSSI sebesar Rp500 juta. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Setiap klub Liga 2 2023/2024 akan mendapat bantuan subsidi langsung dari PSSI sebesar Rp500 juta. Hal itu dikatakan Exco PSSI, Arya Sinulingga.

Dikatakan, kebijakan itu sebagai bentuk perhatian langsung dari sang Ketua Umum (Ketum), Erick Thohir, sebagai buntut dihentikannya Liga 2 musim lalu.

"Bisa dibilang pak Erick ini memberikan kebijakan yang membantu Liga 2, di mana setiap klub Liga 2 dibantu PSSI sebesar Rp500 juta karena dihentikannya Liga 2 yang kemarin (musim lalu)," kata Arya kepada awak media di Medan, Sabtu (02/09/23).

"Padahal kejadian itu (penghentian Liga 2 karena buntut tragedi Kanjuruhan Malang) sebelum periode beliau, tapi beliau kasih Rp500 juta sebagai kompensasi ke setiap klub (Liga 2)," sambungnya.

Lebih lanjut Arya menambahkan, dengan bantuan subsidi dari pihak operator kompetisi, PT. Liga Indonesia Baru (LIB), jika ditotalkan setiap klub Liga 2 bisa mendapatkan subsidi hingga Rp2 miliar.

"Untuk musim ini, setiap klub Liga 2 mendapat subsidi Rp1,25 miliar (dari PT. LIB), kalau untuk yang (klub wilayah) timur (Indonesia) itu bisa mencapai Rp1,5 miliar," ungkap Arya.

"Bagi klub yang masuk ke putaran berikutnya, dapat lagi Rp250 juta. Jadi total klub itu bisa dapat hingga Rp2 miliar. Jadi ini bisa menjadi (rekor) terbesar sepanjang sejarah Liga 2 (dapat subsidi)," tambahnya.

Saat disinggung perihal subsidi untuk pembinaan usia muda, lanjut Arya, subsidi bukan diberikan ke klub-klub, melainkan ke pengurus PSSI di provinsi alias Asprov (Asosiasi Provinsi).

"Tidak, bukan ke klub. Untuk pembinaan usia muda ini Asprov-asprov akan dapat (subsidi) Rp450 juta," pungkas pria yang juga menjabat sebagai founder dari klub Liga 2 asal Sumut, Sada Sumut FC (dulu Karo United) ini.